nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dinsos DKI: Pengungsi Kebakaran Tamansari Butuh Susu dan Popok Bayi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 09:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 08 338 2114143 dinsos-dki-pengungsi-kebakaran-tamansari-butuh-susu-dan-popok-bayi-P33DfYg63p.jpg Pengungsi korban kebakaran di Tamansari, Jakarta Barat. (Foto: Achmad Fardiansyah/Okezone)

JAKARTA – Warga Tamansari, Jakarta Barat, yang menjadi korban kebakaran besar pada Minggu 6 Oktober 2019, kini harus mengungsi di tenda-tenda yang disediakan. Mereka berada di sana dengan membawa harta benda seadanya yang bisa diselamatkan.

Sejumlah kebutuhan pokok sangat mereka butuhkan saat ini. Di antara yang paling penting adalah susu dan popok bayi.

"Susu dan pampers (diapers/popok) bayi (sangat dibutuhkan)," kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat Surya, Selasa (8/10/2019).

Baca juga: Padamkan Kebakaran di Tamansari, Damkar Tambah Armada Jadi 25 Unit 

Selain itu, lanjut dia, barang-barang yang dibutuhkan adalah tempat mandi-cuci-kakus (MCK) portabel untuk kebutuhan sanitasi mereka. Pasalnya kini hanya terdapat lima mobil MCK, padahal jumlah pengungsi ada 800 orang.

Pengungsi korban kebakaran di Tamansari, Jakarta Barat. (Foto: Achmad Fardiansyah/Okezone)

Surya menyebut para pengungsi juga berharap adanya sumbangan seragam sekolah dan terpal. "Kalau makanan sudah terpenuhi. Ada 20 petugas Dinas Sosial," ujarnya.

Baca juga: Warga Korban Kebakaran Tamansari: Habis Semua, Sisanya Baju yang Saya Pakai 

Ia mengaku hanya memberikan waktu hingga satu minggu ke depan untuk menampung keberadaan para korban kebakaran. Namun apabila masih ada pengungsi, pihaknya akan menambah waktunya.

"Kita kasih makan hanya seminggu, kecuali ada permintaan tambahan, baru kita tambah," kata Surya.

Sebelumnya pihak Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat menyebut penyebab kebakaran karena ada anak kecil bermain korek api dan mengenai kasur.

Api bersumber dari salah satu rumah di Jalan Kebon Jeruk 13 Nomor 42, RT 04 RW 07. Kebakaran menyebar ke RT 01, 02, 03, dan 04 RW 07 Kelurahan Maphar; serta RT 12 RW 05 Kelurahan Tamansari.

Baca juga: Main Korek Api Jadi Penyebab Kebakaran 70 Rumah di Tamansari 

Kebakaran rumah di Tamansari, Jakarta Barat. (Foto: Sarah Hutagaol/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini