nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Permukiman Penduduk Dekat Apartemen Signature Park Cawang Terbakar

Rabu 09 Oktober 2019 22:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 09 338 2114971 permukiman-penduduk-dekat-apartemen-signature-park-cawang-terbakar-ta5zi0uwzO.JPG Permukiman padat penduduk dekat Apartemen Signature Park, Cawang, Jaktim terbakar (Foto: Pemkot Jaktim)

JAKARTA - Kebakaran melanda permukiman penduduk di dekat Apartemen Signature Park, tepatnya di RW 01 Kampung Dalam, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (9/10/2019) malam. Sebanyak lebih kurang 40 rumah semipermanen ludes dilalap si jago merah.

Dikutip dari laman iNews.id, 100 jiwa terpaksa mengungsi imbas kebakaran ini. Sedangkan tiga orang dibawa ke rumah sakit karena terluka. Berdasarkan laporan warga, salah satu korban mengalami patah kaki karena terjatuh dari atap saat berjibaku memadamkan api.

"Jumlah warga yang rumahnya terbakar ada 100-an orang yang tergabung dalam 60 kepala keluarga di RT 04 dan RT 05," kata Ketua RT 05, Muhammad Yusuf.

Rata-rata kata dia, rumah yang terbakar dihuni tiga kepala keluarga yang berprofesi sebagai pemulung, pengendara ojek online hingga pegawai swasta di Jakarta.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 18.30 WIB atau setelah waktu magrib. Kebakaran diduga akibat gas bocor. Laporan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Timur menyebutkan, ada seorang warga memasak, namun ditinggal pergi.

”Tak berapa lama terjadi ledakan. Api lantas merembet dengan cepat ke sekitarnya,” kata Yusuf.

Hingga malam ini sebanyak 80 personel pemadam kebakaran dan 16 unit armada pompa pemadam masih melakukan pendinginan area yang terbakar.

Permukiman Penduduk di Cawang Terbakar

Camat Kramat Jati, Eka Darmawan mengatakan, Pemkot Jakarta Timur akan mendirikan tenda-tenda pengungsian dan dapur darurat bagi warga. Lokasi pengungsian berada di lapangan bola yang berjarak sekitar 100 meter dari area kebakaran.

Pantauan di lokasi, tenda-tenda itu belum didirikan karena lapangan bola di lokasi menjadi tempat mobil pemadam kebakaran. Eka memastikan dua unit tenda yang akan didirikan cukup untuk menampung korban kebakaran.

"Kita juga dirikan dapur darurat dan posko kesehatan untuk memantau kondisi kesehatan korban," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini