nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Bakal Sulap Kampung Akuarium Jadi Kawasan Wisata Budaya dan Sejarah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 04:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 10 338 2115007 anies-bakal-sulap-kampung-akuarium-jadi-kawasan-wisata-budaya-dan-sejarah-6AY0nb1sZk.JPG Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menyulap Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara menjadi kawasan wisata budaya dan sejarah. Ia mencontohkan, nantinya kawasan di sana akan masuk ke dalam rangkaian wisata Kota Tua

"Dari Masjid Luar Batang, kemudian Pelabuhan Sunda Kelapa, kemudian Kampung Akuarium, terus ke bawah sampai ke Kota Tua itu sebagai sebuah rangkaian. Nanti tempat-tempat ini benar-benar jadi semacam kawasan wisata sejarah," kata Anies di Kantor Balai Kota, Jakarta Pusat Rabu (9/10/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengaku akan mengajak para ahli cagar budaya dalam proses desain pembangunan Kampung Akuarium. Sebab, pihaknya menemukan sebuah benteng peninggalan Belanda saat memggusuran kawasan Kampung Akuarium pada 2016 lalu.

"Semua ketentuan mengenai cagar budaya kami akan ikuti, jadi dalam perencanaannya pun kami mendengarkan warga dan pakar cagar budaya," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto menyebut pihaknya berencana membangun sebanyak 142 unit rumah berlapis di kawasan tersebut.

Kampung Akuarium

Ia menjelaskan, konsep rumah berlapis itu seperti rumah susun. Namun, nantinya rumah itu hanya memiliki empat lantai di setiap towernya.

"Rumah lapis itu tingginya maksimal empat lantai, nanti yang akan dibangun tipe 27 meter persegi," kata Tri.

Saat ini, lanjut dia, pembangunan rumah berlapis ini masih dalam tahap lelang rencana desain atau detail enggineering design (DED). "Saat ini prosesnya masih pelelangan DED," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini