nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Pencari Suaka Kembali Padati Trotoar Kebon Sirih

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 00:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 11 338 2115483 puluhan-pencari-suaka-kembali-padati-trotoar-kebon-sirih-ys2Qabmbab.jpg Foto: Okezone/Fadel

JAKARTA - Puluhan para pencari suaka asal Afghanistan dan Somalia kembali mendatangi Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019) malam. Mereka duduk di trotoar depan kantor Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Pengungsi (UNHCR).

Pantauan di lokasi, pengungsi itu terdiri dari orang dewasa dan anak-anak di bawah umur. Tampak raut wajah mereka sangat kelelahan lantaran tak kunjung mendapat kepastian tempat tinggal dari UNHCR.

Sejumlah pengungsi dari luar negeri itu tak ingin kembali ke gedung eks Kodim Kalideres, Jakarta Barat. Mereka memilih bertahan di lokasi karena penampungan mereka sebelumnya tak ada listrik dan air untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pencari Suaka di Kebon Sirih

"Setiap hari di sana tidak ada air dan listrik. Kami mau bertahan di sini meminta tanggung jawab UNHCR. Kami enggak tahu akan bertahan di sini sampai kapan," kata Yusuf, salah satu pencari suaka saat ditemui di lokasi.

Ia mengaku masih belum lancar berbahasa Indonesia. Menurut pengakuannya, dia mengungsi dari negaranya sekitar tahun 2013. Kata dia, perang menjadi penyebab dirinya bisa menginjakkan kaki di Indonesia hingga hari ini.

"Di negara kami ada perang antar saudara," ujarnya.

Pencari Suaka di Kebon Sirih

Sejumlah petugas Satpol PP DKI Jakarta terpantau berada di lokasi. Mereka sesekali melakukan negosiasi dengan para pencari suaka untuk meninggalkan trotoar.

Namun, mereka memilih untuk bertahan dan menolak ajakan petugas Satpol PP untuk tak memenuhi trotoar. Akibat banyaknya para pengungsi membuat kemacetan panjang di Jalan Kebon Sirih.

Aparat kepolisian dan Satpol PP terlihat sigap di lokasi untuk membantu memperlancar arus lalu lintas.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini