Sekcam Ciputat: Edaran Jumat Bergamis Hitam Masih Draf

Hambali, Okezone · Sabtu 12 Oktober 2019 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 12 338 2116187 sekcam-ciputat-edaran-jumat-bergamis-hitam-masih-draf-IoHg0Gu0wA.jpeg Kecamatan Ciputat (Foto: Hambali)

TANGSEL - Surat edaran kepada pegawai di lingkungan Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) agar memakai gamis hitam setiap hari Jumat disebut hoaks oleh Camat Andi D Patabai. Meskipun surat perintah itu memakai blanko resmi, dan diduga telah masuk ke dalam bagian umum kepegawaian Kecamatan.

Keberadaan surat edaran itu memunculkan beragam persepsi publik. Ada yang pro, dan banyak pula menolak lantaran kebijakan itu dianggap bagian dari politik identitas. Terlebih, gamis hitam berbenturan dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 22 Tahun 2014 tentang pakaian dinas PNS.

Baca Juga: Heboh! Pegawai Kecamatan Ciputat Diwajibkan Pakai Baju Gamis Hitam

Edaran

Namun di luar pro-kontra isi surat tersebut, terdapat perbedaan keterangan mengenai keberadaan surat edaran itu. Jika Camat Ciputat Andi Patabai spontan menyebutnya hoaks, maka berbeda dengan Sekcam Ali Akbar yang mengatakan surat edaran memang ada berupa draf, namun urung diparaf dan distempel.

"Iya (hoax). Kan sudah ada Perwal pegawai baju putih muslimah, enggak mungkin saya keluarkan kebijakan baru," ujar Andi kepada Okezone.

Lain hal dengan Ali. "Mohon maaf soal edaran gamis hitam bagi pegawai perempuan di Kecamatan Ciputat, itu hanya draf dan wacana yang belum ditandatangani Pak Camat. Dan sifatnya hanya imbauan untuk khusus hari Jumat. Tapi tidak jadi ditandatangani, namun sudah menyebar di medsos," kata Ali dikonfirmasi terpisah.

 Baca Juga: Camat Ciputat Tegaskan Surat Edaran Jumat Bergamis Hitam Hoaks!

Perbedaan keterangan itu memunculkan spekulasi publik, bahwa sebenarnya surat perintah bergamis hitam memang benar ada dan akan dilegalkan menjadi suatu kebijakan baru. Indikatornya bisa dilihat pada surat tersebut yang mencantumkan blanko resmi Kecamatan. Bahkan, diduga surat itu telah masuk bagian umum kepegawaian untuk diregistrasi.

"Memang ada kok, sempat dibahas katanya hari Jumat itu pakai gamis warna hitam untuk perempuan. Nggak tahu itu jadi kebijakan atau dibatalin," tutur salah satu ASN di Kecamatan Ciputat yang minta dirahasiakan namanya.

Beberapa ASN di lingkup Kecamatan Ciputat mengutarakan keberatan, jika surat perintah diberlakukan. Mereka beralasan, tak semua pegawai muslimah yang bertugas nyaman bekerja mengenakan gamis.

"Jujur kita banyak yang keberatan kerja pakai gamis," ucapnya. (Ari)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini