nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Transparansi KUA-PPAS APBD DKI 2020 Disorot, Anies: Itu Penggiringan Opini

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 20:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 14 338 2116848 transparansi-kua-ppas-apbd-dki-2020-disorot-anies-itu-penggiringan-opini-pznUwmumMM.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut ada yang sedang membangun opini terkait pihaknya tak membuka Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2020.

Namun, ia tak menjelaskan secara detail ihwal apa yang dimaksud dari ucapannya tersebut. Dirinya hanya meminta kepada seluruh pihak untuk tak lagi mempermasalahkan, karena pihaknya sedang fokus menyusun pos-pos anggaran untuk pembangunan Ibu Kota di tahun 2020.

"Sudah itu penggiringan opini, enggak sehat, jadi enggak usah (dibahas)," kata Anies di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).

Baca Juga: Anies: Stasiun MRT dan Halte Bus Akan Disediakan Parkir Sepeda 

Ia menjelaskan, alasan hingga kini belum mengunggah ke website bappeda.jakarta.go.id, karena pihaknya sedang melakukan penyesuaian pemasukan dan pengeluaran. "Ketika kita menyusun untuk pertama kali sejak bulan April, Mei itu kita memberikan masukan terjadi pergeseran," katanya.

Anies

Anies menuturkan, perubahan itu mencakup pajak pada Anggaran Pendapatan Nasional (APBN) maupun daerah. "Karena itulah, kita harus melakukan penyesuaian di sisi pengeluaran, jangan sampai rencananya telat jalan sementara pemasukannya tidak sebesar yang diduga," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya perubahan itu nantinya program-program untuk kesejahteraan masyarakat bisa berjalan dengan baik. "Program kualitas harus bisa jalan sehingga apapun kondisi perekonomian kita tidak terganggu," kata dia.

Untuk total anggaran yang diajukan dalam KUA-PPAS 2020 naik Rp6,9 triliun lebih dari APBD 2019, yang ditetapkan akhir tahun lalu. APBD 2019 diketahui sebesar Rp89,08 triliun, kini anggaran KUA-PPAS 2020 yang diajukan adalah Rp95,99 triliun.

Baca Juga: Gerindra: Janji Anies Rusun di Kampung Akuarium Gratis untuk Warga

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini