nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah DBD, Warga Rusun Diimbau Lakukan Penghijauan di Lingkungannya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 13:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 16 338 2117625 cegah-dbd-warga-rusun-diimbau-lakukan-penghijauan-di-lingkungannya-U3VTetmbXi.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menjelang datangnya musim hujan, wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) kerap jadi momok menakutkan bagi seluruh masyarakat Ibu Kota. Guna mencegah penyakit itu, Pemprov DKI Jakarta melalui Bank DKI meluncurkan program Kebon Hidroponik di Rusun KS Tubun dan Jatirawasari, Jakarta Barat.

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi berujar bahwa selain untuk mencegah DBD, keberadaan tanaman hidroponik juga bermanfaat untuk menambah pundi-pundi penghasilan mereka. Salah satunya dengan menjual komoditi sayuran ke pasar.

“Bagi saya, apa yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat, patut kita dukung. Apa yang dilakukan Bank DKI sangat bermanfaat bagi warga rusun,” ujar Rustam, Rabu (16/10/2019).

Ia berharap program itu juga disebaluaskan ke rusun-rusun lainnya yang ada di wilayahnya. Sehingga nantinya seluruh warga rusun dapat bercocok tanam dan lingkungannya terbebas dari penyakit demam berdarah.

“Kita berharap tidak di sini saja, tetapi dapat dikembangkan ke seluruh rusun, bahkan di kantor lurah dan camat di Jakarta Barat. Total rusun di Jakarta kan ada 47 rusun, kalau di Jakarta Barat ya sekitar 10 rusun,” tuturnya.

Rusun

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Bank DKI, Zainuddin Mappa menyebut bahwa kebon hidroponik yang didirikan di rusun diharapkan bisa menjadi kebon hidroponik percontohan. Sehingga dapat menjadi stimulus bagi warga penghuni rusun untuk menjadi pengusaha tanaman sayuran hidroponik.

“Saya hitung-hitung dengan skala satu keluarga, bisa kita berikan permodalan. Nanti mereka tinggal bayar pengembalian pinjaman pokoknya dari hasil kebun yang mereka punya,” ucap Zainuddin.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini