nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Tahun Anies Jadi Gubernur, F-PAN Soroti Masalah Air Bersih

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 17:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 16 338 2117780 2-tahun-anies-jadi-gubernur-f-pan-soroti-masalah-air-bersih-gWojvgN8sM.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan resmi menjabat orang nomor satu di Ibu Kota selama dua tahun. Namun, DPRD DKI Jakarta menilai kinerja Anies masih belum maksimal dalam hal ketersediaan air bersih dan sanitasi air.

Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Lukamanul Hakim mengatakan permasalahan ketersediaan air bersih di Jakarta masih terasa dibeberapa wilayah di Ibu Kota. Bahkan, masih ada warga yang menggunakan air kali untuk kebutuhan sehari-hari nya.

"Masalah sanitasi air, dalam dua tahun kepemimpinannya masih banyak yang belum selesai tentang sanitasi air. Di Kalideres itu, warga yang tinggal di sekitar Kali Maja bertahun-tahun nyuci pakai air kali," kata Lukmanul kepada wartawan, Rabu (16/10/2019).

Anies

Baca Juga: PDIP Minta Anies Proaktif Terkait Kekosongan Wagub DKI

Ia menambahkan warga di daerah Kali Maja, Jakarta Barat sudah bertahun-tahun menggunakan Air Kali untuk mencuci pakaian. Menurut dia, hal seperti ini sudah seharusnya tidak terjadi lagi di Ibu Kota karena kebutuhan air bersih adalah kebutuhan utama warga di Jakarta.

"Fraksi PAN menyoroti soal warga Jakarta Barat yang tidak memiliki septic tank, sehingga kotoran dari jamban rumah mereka langsung mengalir ke kali," ujarnya.

Ia menyatakan bakal mendukung langkah Pemprov DKI Jakarta yang akan membangun 1.000 tangki septik bersubsidi, terutama di kawasan permukiman padat penduduk.

"Sanitasi sehat sangat diperlukan agar sungai-sungai di Jakarta tidak tercemar bakteri E-Coli dan hal tersebut juga akan mempengaruhi terhadap kesehatan warga di Jakarta," kata dia.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini