nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Transjakarta Kembali Gunakan Bus Zhongtong

Kamis 17 Oktober 2019 08:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 17 338 2118016 transjakarta-kembali-gunakan-bus-zhongtong-7m25KL5Wgd.jpg Bus Transjakarta merek Zhongtong. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Keputusan PT Transjakarta untuk menggunakan kembali bus buatan China, Zhongtong, menuai kontroversi. Bus tersebut pernah ditolak Basuki Tjahaja Purnama (BTP/Ahok) saat menjabat gubernur DKI Jakarta karena dianggap tidak berkualitas.

Kontroversi itu tak urung menerpa Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Kehadiran bus-bus Zhongtong pun dipertanyakan publik.

Baca juga: Tahun Depan, Transjakarta Hapus Sistem Pembayaran Tunai di Dalam Bus 

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Sarah Hutagaol/Okezone)

Anies menjelaskan penggunaan Bus Zhongtong tidak lain untuk melayani pengguna moda transportasi umum yang semakin meningkat. Ia mengatakan, penambahan armada akan membantu mengangkut warga DKI dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

"Pada 2017, jumlah penumpang sistem transportasi darat kita itu 300.000 penumpang per hari, didapat setelah berjalan 13 tahun," kata Anies di Jakarta, Rabu 16 Oktober 2019, sebagaimana dikutip dari iNews.id.

Baca juga: Bus-Bus Transjakarta Terbengkalai di Ciputat, Catnya Sudah Memudar 

Anies menerangkan, dalam jangka waktu dua tahun pengguna moda transportasi umum melonjak hingga menjadi 640.000. Artinya, kata dia, angka itu lompatan yang signifikan.

Hal senada diungkapkan Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo. Menurut dia, kehadiran Bus Zhongtong dapat membantu mengangkut warga yang menggunakan moda angkutan massal.

Baca juga: 30 Bus Transjakarta Merek Zhongtong Ditarik

"Pengoperasian kembali Bus Zhongtong merupakan bentuk pelaksanaan kontrak antara Zhongtong dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) pada 2013," terangnya.

Sekadar diketahui, operasional Bus Zhongtong sempat diberhentikan di era kepemimpinan Ahok karena mengalami sejumlah permasalahan.

Baca juga: Bus Transjakarta Merek  Zhongtong

Bus tersebut kerap terbakar sehingga dipersoalkan dari segi keamanan. Selain itu, pengadaan Bus Zhongtong juga bermasalah secara hukum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini