nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dishub DKI Klaim Bus Transjakarta Zhongtong Layak Mengaspal

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 20:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 17 338 2118376 dishub-dki-klaim-bus-transjakarta-zhongtong-layak-mengaspal-84uvlAYqFl.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengklaim armada bus Transjakarta merek Zhongtong layak beroperasi di jalanan Ibu Kota. Hal tersebut karena kendaraan itu telah lolos uji tipe dari Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu.

"Makanya dia bisa beroperasi," kata Syafrin kepada wartawan, Kamis (17/10/2019).

Ia menjelaskan, seluruh bus itu menjadi tanggung jawab dari PT Transjakarta. Sebab, yang melakukan perjanjian kontrak dengan pihak operator adalah mereka.

"Kita enggak boleh melarang. Karena begitu pengadaan bus oleh operator, operator bisa memilih,” ujarnya.

 Baca juga: Transjakarta Kembali Gunakan Bus Zhongtong

Bus Transjakarta

Syafrin menambahkan, sistem kontrak bus Zhongtong itu memakai skema rupiah per kilometer. Nantinya, PT Transjakarta bakal mengeluarkan uang kepada operator sesuai dengan kilometer yang ditempuh masing-masing bus.

"Jadi kalau misalnya ternyata bus yang dia adakan tidak handal sehingga ia menerima risiko, misalnya ada pengurangan tagihan, bus tidak operasi tidak dibayarkan rupiah-nya,” ujar dia.

Menurut dia, bila operator tak menyediakan armada yang baik, maka mereka akan mengalami kerugian karena tidak dibayar oleh pihak PT Transjakarta.

"Dishub hanya mengawasi SPM operator dan Transjakrta ini sesuai tidak dengan peraturan gubernur. Kalau tidak sesuai tentu kenakan denda, punishment-nya,” pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini