nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

17 TPU di Jakarta Akan Direnovasi demi Hilangkan Kesan Menyeramkan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 09:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 18 338 2118488 17-tpu-di-jakarta-akan-direnovasi-demi-hilangkan-kesan-menyeramkan-GMxb5f9FVP.JPG TPU Cipinang, Jakarta Timur (Foto: Okezone.com/Puteranegara)

JAKARTA - Kepala Dinas Kehutanan dan Pemakaman, DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengatakan, pihaknya akan melakukan renovasi sebanyak 17 Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang berada di Ibu Kota menjadi seperti taman. Hal tersebut untuk menghilangkan kesan menyeramkan di setiap TPU.

"Jadi ada 17 makam di Jakarta yang nanti (TPU) Tanah Kusir sudah kita data, yang kita sudah punya desainnya itu seperti taman,” kata Suzi di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Suzi tidak membeberkan lebih rinci ihwal lokasi dan desain renovasi 17 TPU tersebut. Pihaknya menargetkan seluruh TPU yang dipugar akan selesai pada tahun 2022 mendatang.

"Kita sudah jelas melakukan penataan perbaikan, insyaallah di tahun 2022 kita akan sudah membangun beberapa revitalisasi makam,” kata dia.

Ia menyebut ketersediaan lahan pemakaman di Jakarta itu masih terhitung cukup luas. Namun, masalahnya itu banyak masyarakat yang kerap milih-milih TPU bila ada sanak familinya yang meninggal dunia.

TPU Jeruk PurutTPU Jeruk Purut, Jaksel (Foto: Okezone.com/M Rizky)

Ia berharap, dengan adanya renovasi ini maka dapat mencegah terjadinya fenomena pemakaman tumpang tindih. Sebab, nantinya seluru TPU akan terlihat elok dan indah, sehingga menjadi pilihan setiap orang untuk menguburkan kerabat dan keluarganya.

“Keluarga itu suka ditumpang karena makam itu seperti rumah, banyak yang mau dijadikan idaman, idola. Jadi tidak pernah mau kita sampaikan ke tempat makam yang masih luas,” ujarnya.

Ia mengaku akan menyediakan seluruh fasilitas dalam proses penguburan setiap masyarakat tanpa adanya pemungutan biaya di setiap TPU. Salah satunya seperti penyediaan tenda dan pengeras suara.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini