nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejahatan Narkoba di Depok Sudah Sistemik

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 02:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 25 338 2121448 kejahatan-narkoba-di-depok-sudah-sistemik-jxQLg6YcC7.jpg Ilustrasi Narkoba (foto: Shutterstock)

DEPOK - Maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar saat ini jelas mencemaskan para orangtua. Terlebih bagi orangtua yang pekerjaannya menuntut banyak waktu.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan pentingnya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memerangi kejahatan narkoba. Hal tersebut diungkapkan saat membuka acara Sosialisasi Gerakan Anti Narkoba bagi pelajar di Ruang Serbaguna SMA Negeri 3 Depok, Kamis (24/10/2019).

Depok Akan Bangun Alun-Alun Seluas 3,5 Hektare 

“Kejahatan narkoba ini sudah sistemik saya melihatnya,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris saat membuka acara di Ruang Serbaguna SMA Negeri 3 Depok, Kamis (24/10/2019).

Menurut Idris, kejahatan narkoba, bukanlah kejahatan orang perorang ataupun kejahatan individu. Kejahatan tersebut, kata Idris, merupakan kejahatan yang tersistematik.

“Kalau kejahatan (narkoba) sistemik, kebenaran (antisipasi kejahatan narkoba) tidak sistemik, enggak akan berimbang, tidak bisa maju (mampu) kita melawan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Idris mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya kalangan muda (kaum melenial) untuk terus bereaksi, bersama-sama melawan kejahatan yang tersistematik tersebut.

“Adik-adiklah (para melenial) yang kita harapkan nanti untuk dapat menjadi duta-duta (narkoba) di lingkungan masyarakat,” imbunya.

Ilustrasi (foto: Okezone) 

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 3 Depok Abdul Fatah mengatakan, keluarga merupakan unsur paling penting untuk dapat mencegah anak ataupun pelajar terjerumus narkoba.

“Semua pihak, terutama peran aktif orangtua besar dalam hal ini (penyalahgunaan narkoba), karena pondasi awal itu ada di lingkungan keluarga,” kata Abdul Fatah di Sekolah SMA N 3 Depok

Abdul Fatah mengatakan, untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, berbagai upaya terus dilakukan pihaknya. Diantaranya memberikan penyuluhan dan sosialisasi, dengan mendatangkan penyuluh dari instansi terkait.

Selain itu, kata dia, antisipasi juga dilakukan oleh pihaknya melalui guru-guru pembimbing, dengan memberikan edukasi di mata pelajaran khusus.

“Segala upaya terus kami lakukan agar para pelajar disini tidak terjerumus narkoba. Dan saya yakinkan tidak ada indikasi narkoba di lingkungan ini,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini