nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKS Sebut Koalisi dengan Gerindra di Jakarta Tak Retak

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 08:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 29 338 2122908 pks-sebut-koalisi-dengan-gerindra-di-jakarta-tak-retak-lpdgaWxzUR.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Mohammad Arifin koalisi dengan Partai Gerindra di Jakarta dalam mengawal pemerintahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan tak mengalami keretakan. Hal itu menanggapi kondisi politik di nasional, di mana partai berlambang kepada burung garuda itu yang lebih memilih masuk ke dalam lingkaran penguasa.

Ia menyebut bahwa masuknya Gerindra ke dalam Kabinet Indonesia Maju tak akan mengganggu proses pemilihan Cawagub DKI. Ada dua kader PKS yang telah diajukan menjadi kandidat pengganti Sandiaga Uno di kursi DKI-2, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

“Koalisi dengan Gerindra terkait cawagub tetap jalan," kata Arifin kepada Okezone, Selasa (29/10/2019).

 Baca juga: Demi Demokrasi, PKS Masih Berharap Partai Pendukung Prabowo Jadi Oposisi

Ia mengaku belum bisa memastikan kapan akan kembali menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra. Dirinya berdalih kalah persoalan cawagub itu kini hanya tinggal menunggu Pimpinan DPRD DKI untuk menjadwalkan agenda Rapimgab pengesahan tata tertib pemilihan wagub.

"Meminta pimpinan DPRD untuk segera selenggarakan rapimgab," ujarnya.

 Baca juga: PKS Sayangkan Jokowi Tak Bahas Korupsi hingga HAM dalam Pidatonya

Seperti diketahui, Partai Gerindra yang sebelumnya pada periode 2014-2019 lalu memilih sikap politik oposisi bersama PKS dalam pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Namun, seiring berjalannya waktu akhirnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memilih masuk ke dalam koalisi pada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Hal itu ditunjukkan dengan terpilihnya Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dan Edhi Prabowo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini