nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cawagub DKI Dinilai Terbuka Lebar dari Gerindra Ketimbang PKS

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 08:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 30 338 2123455 cawagub-dki-dinilai-terbuka-lebar-dari-gerindra-ketimbang-pks-qhgpIasLSp.jpg Ilustrasi Balai Kota DKI Jakarta, lokasi dinas gubernur dan wakil gubernur. (Foto: Ist)

JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, mengatakan posisi wakil gubernur DKI Jakarta yang kini sedang kosong lebih berpeluang diduduki sosok dari Partai Gerindra ketimbang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang beberapa waktu lalu ingin mengisinya.

Alasannya, jelas dia, Gerindra sekarang menjadi anggota koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Ma'ruf Amin. Mereka dinilai bisa melobi parpol lain yang tergabung di koalisi pemerintah pusat untuk memuluskan langkah menduduki kursi DKI-2.

Baca juga: Gerindra Masuk Kabinet, PKS: Koalisi Terkait Cawagub DKI Tetap Jalan 

"Gerindra sudah menjadi bagian dari koalisi. Jadi saya menduga wagub kita ke depan terbuka lebar dari Gerindra ketimbang PKS," kata Emrus, Rabu (30/10/2019).

Ilustrasi cawagub DKI Jakarta. (Foto: Dok Okezone)

Dia pun menyarankan PKS lebih gencar menyosialisasikan dua calon wagub DKI yang telah disepakati yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu kepada seluruh fraksi di Parlemen Kebon Sirih. Jika PKS masih tetap pasif, kesempatan itu bakal diambil Gerindra dengan melobi parpol lain.

"Saya katakan adanya hubungan timbal balik antara dinamika politik nasional dan dinamika politik di lokal, jadi adanya hubungan saling memengaruhi," ujar Emrus.

Baca juga: Prabowo Perintahkan Fraksi Gerindra DPRD DKI Mulai Kritisi Anies 

Sementara Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin menilai masuknya Gerindra ke Kabinet Indonesia Maju tidak akan mengganggu proses pemilihan cawagub.

"Koalisi dengan Gerindra terkait cawagub tetap jalan," ucap Arifin kepada Okezone, kemarin.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini