nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelajar Jadi Kurir Ganja 37 Kg di Depok Dituntut 4,5 Tahun Penjara

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 20:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 30 338 2123825 pelajar-jadi-kurir-ganja-37-kg-di-depok-dituntut-4-5-tahun-penjara-hbU7C8QqKO.jpg ilustrasi

DEPOK - Pelajar SMA yang menjadi kurir ganja seberat 1 kilogram dituntut selama 4,5 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU) Uly Natalena Sihombing di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Rabu (30/10/2019).

Terdakwa diketahui menjadi kurir dari seorang bandar besar narkoba jenis ganja Firman Firdaus yang juga ditangkap polisi dengan barang bukti 37 Kilogram. Firman merupakan bandar ganja jaringan Aceh, nantinya puluhan kilogram ganja tersebut akan diedarkan ke wilayah Jabodetabek.

"Menjatuhkan pidana terhadap anak MFS selama 4 tahun dan 6 bulan, dikurangi selama anak ditahan dengan perintah agar anak tetap ditahan dan pelatihan kerja selama 2 bulan di Marsudi Putra Cileungsi, Bogor," kata Uly di PN Depok.

Ilustrasi

Dalam amar tuntutan JPU di ruang sidang anak, terdakwa anak MFS dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika golongan I dalam bentuk tanaman sebagaimana diatur dalam Pasal 114 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009.

"Menyatakan barang bukti berupa 1 bungkus ganja dilakban warna coklat dengan berat 958,7000 gram, 1 buah tas warna hitam, dan 1 unit handphone merk Samsung J2 prime warna silver dirampas untuk dimusnahkan," sambungnya.

Seperti diketahui, Satuan Narkotika Polresta Depok menangkap MFS di Gang Duren II RT 002/009 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, sekira pukul 23.00 Wib. Dari tersangka MFS pihak kepolisian mengamankan 1 bungkus ganja dilakban warna coklat di dalam tas warna hitam dan 1 unit handphone merk Samsung.

Baca Juga : Soal Anggaran Lem Rp82 Miliar, Anies Sebut Ada Masalah di Sistem

Kasat Narkoba Polresta Depok, Kompol Indra Tarigan mengatakan setelah menangkap MFS, polisi mengembangkan penyelidikan dan dapat menangkap Firman Firdaus alias FF. Hasilnya polisi menyita 37 Kilogram Ganja kering siap edar dari sebuah rumah kontrakan di wilayah Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok pada Minggu 6 Oktober 2019 sekitar jam 01.00 WIB.

"Benar kami amankan 37 Kg ganja kering dari sebuah rumah dan menangkap tersangka FF sebagai pemilik ganja itu. Selain itu ada pelajar juga yang kami tangkap," kata Indra Tarigan kepada wartawan, Kamis 10 Oktober 2019.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini