nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anggaran TGUPP Rp19,8 Miliar, DPRD DKI : Manfaatnya Apa?

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 22:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 30 338 2123853 anggaran-tgupp-rp19-8-miliar-dprd-dki-manfaatnya-apa-XHfN9wctSn.jpg ilustrasi

JAKARTA - Dalam rapat dengan jajaran DPRD DKI Jakarta, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) membahas pagu usulan anggaran penyelenggaraan tugas Tim Gubernur untuk Percepatan Pembanguan (TGUPP) sebesar Rp19,8 miliar.

Mendapati besaran anggaran tersebut, Anggota Komisi A Fraksi PAN, Lukmanul Hakim, mempertanyakan keberadaan tim tersebut.

"Saya ingin menanyakan satu hal, saya ingin kenal orangnya ini yang di sini penyelenggaraan tugas tim gubernur untuk percepatan pembangunan (TGUPP) mana orangnya? Ini mengajukan anggaran ini sesudah dipotong menjadi Rp19 miliar lebih kurangnya," kata Lukmanul di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

Ilustrasi

TGUPP diketahui mendapat anggaran yang diambil dari APBD, padahal kata Lukmanul, TGUPP tidak termasuk ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Ini kan bukan SKPD ya, terus kenapa dianggarkan menjadi beban APBD? Itu perlu penjelasan Bapak. Terus mana sih orang-orang TGUPP, jumlahnya berapa, gajinya berapa? Dan apa yang sudah mereka capai untuk memberi manfaat kepada rakyat DKI," ujarnya.

Lukmanul Hakim juga meminta agar hasil "keringat" TGUPP ditunjukan, apakah target-targetnya sudah tercapai atau belum. "Program-program gubernur apakah sudah merata semua ke bawah? Ini perlu penjelasan," ungkapnya.

Baca Juga : Klarifikasi Disdik DKI, Tidak Ada Anggaran Lem Rp82 Miliar Adanya ATK Rp22 Miliar

Lukman juga merasa aneh, kenapa Dinas-dinas dibawah Pemprov DKI lebih patuh terhadap TGUPP ketimbang DPRD.

"Dan juga saya melihat ini sempat ke mana-mana TGUPP ini. Kalau DPRD datang ke dinas itu lebih takut sama TGUPP daripada DPRD padahal kami dipilih oleh rakyat dan disumpah, mengikat sumpah kami untuk pengawasan budgeting dan regulasinya. Tolong penjelasan apa sih fungsi TGUPP itu sehingga menjadi beban APBD DKI Jakarta," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini