nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies: Gak Mungkin Beli Lem Aibon Rp82 Miliar!

Achmad Fardiansyah , Okezone · Kamis 31 Oktober 2019 02:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 31 338 2123872 anies-gak-mungkin-beli-lem-aibon-rp82-miliar-t4FpxBqUJ9.JPG Gubernur DKI, Anies Rasyid Baswedan (Foto: Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menegaskan sangat tidak masuk akal jika membeli lem aibon sampai menembus angka Rp82,8 miliar sebagaimana dalam rencana Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI 2020.

Ia mengaku menemukan sejumlah kejanggalan lain dalam rencana anggaran tersebut.

"Enggak mungkin beli lem aibon Rp82 miliar. Saya itu menemukan beli Rotring Rp35 miliar, ballpoint Rotring. Kemudian ATK Rp1,6 triliun. Jadi, itu sudah kita temukan, itu yang akan koreksi. Dan, ini salahnya sistem karena mengandalkan manusia," ujar Anies.

Baca juga: DPRD Temukan Anggaran Beli Lem Aibon Rp82,8 Miliar, Disdik DKI: Salah Ketik

Berdasarkan temuan tersebut lanjut Anies, pihaknya akan melakukan koreksi. "Apakah sistem ini baru tahun ini? Tidak. Berarti mengandalkan manusia selama ini bukan? Selama bertahun tahun mengandalkan manusia," tuturnya.

Menurutnya, sistem ini sudah berjalan lama, bahkan dari gubernur-gubernur sebelumnya. Oleh karenanya, mantan Mendikbud ini enggan memberi warisan yang sama kepada gubernur DKI mendatang.

Baca juga: Anggaran TGUPP Rp19,8 Miliar, DPRD DKI : Manfaatnya Apa?

"Agar gubernur berikutnya tidak menemukan masalah yang sama dengan yang saya alami. Karena sistemnya sudah ada dari dulu, sehingga perencanaan yang dimulai di Januari, kan ada nanti rembuk musrenbang, itu nanti tidak menggunakan sistem yang melakukan pengecekan manual," kata Anies.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini