Anggaran Lem Rp82 Miliar, Djarot : Kalau Tidak Sengaja Bodoh Banget!

Muhamad Rizky, Okezone · Kamis 31 Oktober 2019 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 31 338 2124021 anggaran-lem-rp82-miliar-djarot-kalau-tidak-sengaja-bodoh-banget-wtFii0HHsM.jpg Djarot Saiful Hidayat (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Rancangan anggaran Pemprov DKI Jakarta belakangan menjadi polemik setelah ada beberapa pengadaan barang yang dirasa tidak sesuai. Salah satu yang mencuat ke publik perihal pengadaan lem aibon yang mencapai Rp82 miliar dan bolpoin sebesar Rp123 miliar.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menilai anggaran yang tercantum tersebut bukan sepenuhnya kesalahan Gubernur Anies Baswedan.

"Ini bukan semata-mata kesalahan Pak Anies, tapi kita bisa lacak siapa yang menginput, siapa yang mengetuk anggaran itu, dan itu sengaja atau tidak sengaja," tutur Djarot kepada wartawan, Kamis (31/10/2019).

Anggaran lem (Foto : Istimewa)

Djarot meyakini, pengadaan anggaran yang mencapai puluhan bahkan ratusan miliar tersebut sengaja dilakukan. Untuk itu, menurutnya Anies harus segera mencari sumber masalah tersebut.

"Kalau tidak disengaja itu bodoh banget! Tentunya ada faktor kesengajaan. Kalau saya ya diundang saja, dipanggil, kalau memang terbukti ya sudah selesaikan," ungkapnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tahu betul bagaimana penyusunan anggaran di DKI Jakarta. Pihaknya bahkan melihat ada sejumlah keanehan dalam anggaran sehingga membuat sistem e-budgeting agar mengetahui bagaimana anggaran itu dibuat.

Baca Juga : Anies: Gak Mungkin Beli Lem Aibon Rp82 Miliar!

Karena itu, menurutnya e-budgeting tersebut sangat penting dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta. Sehingga ada transparansu yang terbuka bukan hanya anggota dewan melainkan bisa terpantau masyarakat luas.

"Dengan keterbukaan seperti ini, maka sebetulnya pemprov akan lebih terbantu dan anggaran itu bisa tetap sasaran, sehingga tidak ada lagi keluar anggaran yang aneh-aneh, dan ini pernah terjadi pada zaman saya dan pak Ahok," tukasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini