nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNPB: Jakarta Lebih Siap Hadapi Banjir, Uangnya Banyak

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 19:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 31 338 2124267 bnpb-jakarta-lebih-siap-hadapi-banjir-uangnya-banyak-wWXQ8fILic.jpg Potret Kawasan Kampung Pulo yang Terendam Banjir (foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menilai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih siap menghadapi banjir, jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Pasalnya, menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo, daerah yang dipimpin oleh Anies Baswedan tersebut memiliki banyak dana untuk cepat menanggulangi masalah banjir.

Baca Juga: BPBD: 17 Kecamatan, 25 Kelurahan dan 86 RW di Jakarta Rawan Banjir 

Potret Kawasan Kampung Pulo yang Terendam Banjir

"Kalau Jakarta saya lihat lebih siap," ucap Agus Wibowo usai menggelar konferensi pers di Gedung BNPB, di kawasan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (31/10/2019).

"Kalau daerahnya seperti Jakarta, sepertinya cukup uang, dia enggak terlalu butuh uang mungkin, uangnya banyak, personelnya cukup, dan sudah," sambung dia.

Diketahui, BNPB sendiri menganggarkan dana sebesar Rp850 miliar untuk membantu seluruh daerah di Indonesia yang terkena bencana banjir pada saat puncak musim penghujan yang diprediksi terjadi pada Januari-Februari 2020.

Namun, Agus menjelaskan bahwa dana sebesar tersebut hanya sebagai pendukung untuk bantuan seperti logistik, keuangan, dan lain sebagainya. Sedangkan yang berperan besar dalam menanggulangi masalah itu adalah pemda setempat.

Baca Juga: Anies Sebut Normalisasi Kali Ciliwung Tak Efektif Atasi Banjir Jakarta 

"Kami lebih ke pendukung, kalau yang lebih aktif kan di daerahnya, Pemda, karena dia yang merespon, jadi kalau butuh dana kita siapkan bantuan logistik, keuangan, peralatan dari Rp850 miliar itu," papar Agus.

BNPB pun meyakini melalui anggaran dana sebesar itu cukup membantu menanggulangi masalah banjir yang setiap tahunnya terjadi di Indonesia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini