nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fraksi PSI DPRD DKI Minta Anies Batalkan Formula E

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 19:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 07 338 2127092 fraksi-psi-dprd-dki-minta-anies-batalkan-formula-e-myiQCs98Pg.jpg Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta.

JAKARTA – Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatalkan rencana penyelenggaraan Formula E tahun 2020.

Anggota DPRD Jakarta dari Fraksi PSI, Anthony Winza, mengatakan, pihaknya menilai acara itu sebagai bentuk pemborosan uang rakyat di tengah kondisi APBD DKI Jakarta yang mengalami defisit.

“Ini uang rakyat. Saya turun ke masyarakat dan saya lihat masih banyak rakyat yang belum dapat akses air bersih," ucap Anthony Winza Probowo di Ruang Fraksi PSI DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2019).

"Masih banyak rakyat hidup susah tidak punya modal usaha, gedung sekolah di Jakarta masih banyak yang belum direhabilitasi, ini malah mendadak memasukkan kegiatan triliunan (rupiah-red) untuk dipakai event panggung harian,” tuturnya.

PSI menganggap tidak sepantasnya Jakarta menyelenggarakan acara mahal, tidak jelas asas manfaatnya bagi anggaran, dan justru akan menghabiskan anggaran triliunan rupiah dan hanya untuk beberapa hari.

Konferensi pers terkait ajang Formula E 2020 di Jakarta (Foto : Okezone.com/Sarah Hutagaol)

Menurut Anthony, banyak negara lain yang sudah mencoba menjalankan Formula E merugi dan tidak mampu melanjutkan program ini untuk tahun-tahun berikutnya.

“Malu ini kalau kita gaya-gayaan internasional padahal tidak berkaitan dengan perencanaan strategis daerah di Jakarta. Saya tekankan, kalau mau gaya-gayaan dan mencari panggung jangan pakai uang rakyat. Apalagi, tidak jelas berapa proyeksi pendapatan yang kita terima. Mana kajian investasinya?” tuturnya.

Sebelumnya diketahui, Pemprov DKI Jakarta sudah mengusulkan anggaran sebanyak 20,79 juta poundsterling atau sebesar Rp360 miliar dalam rancangan APBD-P 2019 yang telah disepakati bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta.


Baca Juga : Anies: Formula E di Jakarta Digelar 6 Juni 2020

Pengajuan anggaran Rp900 miliar tersebut memiliki rincian biaya untuk penyelenggaraan sebesar 22 juta poundsterling atau sekitar Rp378 miliar dan biaya asuransi 35 juta euro atau sekitar Rp556 miliar. Pemprov juga menyiapkan anggaran Rp600 juta untuk sosialisasi pra-Formula E dalam kegiatan Jakarta Fun Race 2019. Total rencana anggaran untuk penyelenggaraan balap Formula E senilai Rp 1,3 triliun.


Baca Juga : Formula E Digelar Selama 5 Tahun Berturut-turut di Jakarta

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini