nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Pencuri Mobil Sasar Sopir Taksi Online, Begini Modusnya

CDB Yudistira, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 15:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 08 338 2127408 waspada-pencuri-mobil-sasar-sopir-taksi-online-begini-modusnya-k6GhKC9Zhd.jpg (Foto: Okezone.com/CDB Yudistira)

BANDUNG – Anggota Polsek Bandung Wetan mengamankan seorang pelaku pencurian mobil dan seorang penadah. Pelaku pencurian berinisial AI, warga Cikutra Kota Bandung dan seorang penadah berinisial SN, warga Jawa Tengah.

"Di wilayah kami ada empat laporan polisi yang di antaranya berprofesi sebagai ojek online," ujar Kapolsek Bandung Wetan Kompol R. Budi Triyono, saat ungkap kasus di Mapolsek, Jumat (8/11/2019).

Budi mengatakan, saat beraksi, pelaku menyasar sopir taksi online sebagai target. Modusnya, pelaku memesan kendaraan dengan cara menggunakan aplikasi untuk mengantarkannya ke suatu tempat. Sesampainya di tujuan, para korban diajak masuk ke rumah makan.

"Setelah itu, pelaku ini berpura-pura meminjam kunci mobil dengan alasan mengambil barang yang tertinggal. Setelah kunci didapat, pelaku pun langsung mengambil mobil dan meninggalkan para korbannya," ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku, tersangka sudah melakukan aksi pencurian mobil sebanyak enam kali dengan modus operandi yang sama. Di antaranya tiga kali di Kota Bandung, Sukabumi, Cirebon hingga Sukoharjo Jawa Tengah.

(Foto: Okezone.com/CDB Yudistira)

Mobil hasil curiannya diserahkan atau dijual kepada tersangka SN, yang saat ini pun sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Dari pengungkapan ini kita amankan empat mobil, berbagai surat kendaraan, dan unit ponsel," ucapnya.

Terhadap AI, polisi mengenakan Pasal 378 KUHPidana dengan ancaman paling singkat empat tahun penjara. Sementara terhadap penadah yang berinisial SN polisi kenakam pasal 480 KUHPidana dengan ancaman pidana lima tahun penjara.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini