Sekda DKI Diajukan Jadi Cawagub, Gerindra: Kalau Sepakat Baru Bilang ke Anies

Fadel Prayoga, Okezone · Minggu 10 November 2019 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 10 338 2127936 sekda-dki-diajukan-jadi-cawagub-gerindra-kalau-sepakat-baru-bilang-ke-anies-UsJVg43gD2.jpg Wakil Ketua Gerindra DKI Jakarta Syarif (Okezone.com/Heru)

JAKARTA – Gubernur Anies Baswedan mengatakan Partai Gerindra belum berkomunikasi dengannya perihal pengajuan Sekda DKI Jakarta Saefullah sebagai calon wakil gubernur. Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Syarif menyebut tak ada aturan yang mengharuskan pihaknya mesti berkomunikasi dengan Anies dalam mengajukan cawagub pengganti Sandiaga.

"Kita usulkan pada PKS empat nama itu, lalu saat disetujui dan oke, baru kita komunikasikan dengan pak Gubernur (Anies Baswedan)," kata Syarif kepada wartawan, Sabtu (9/11/2019).

Baca juga: Anies Sebut Gerindra Belum Komunikasi Terkait Pengajuan Sekda Jadi Cawagub

Empat nama cawagub DKI Jakarta yang diusulkan Gerindra ke PKS selaku rekan koalisi adalah Sekda Saefullah, Dewan Penasihat DPP Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry J Yuliantoro, dan Ketua DPP Gerindra Ariza Patria.

 Anies Baswedan

Anies Basweda (Okezone.com/Rizky)

Padahal PKS sudah menyiapkan dua kadernya sebagai cawagub DKI, yakni Agung Yulianto dan Akhmad Syaikhu. PKS berharap Gerindra menepati janjinya bahwa posisi kursi wagub DKI diisi kader PKS.

Syarif mengatakan, sebagai partai pengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2019, Gerindra dan PKS berhak menentukan sosok pengisi kursi wagub. Menurutnya itu domainnya gubernur melainkan partai pengusung.

"Jadi, emang bukan domainnya pak Anies. Kalau udah sepakat baru dikasih tahu ke pak Anies," kata dia.

Sebelumnya Anies Baswedan mengaku tak pernah diajak Gerindra untuk membicarakan pengajuan Saefullah sebagai pendampingnya. "(Gerindra) belum ada komunikasi," katanya di sela meresmikan Masjid Apung di Ancol, Jakarta Utara.

Ia meminta Gerindra menuntaskan saja pembahasan dua nama cawagub DKI yang sudah diajukan PKS kepada dirinya dan diserahkan ke DPRD Jakarta, yakni Agung Yulianto dan Akhmad Syaikhu.

"Itu dulu keputusannya apa? Baru dibahas berikutnya," kata Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini