nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan, Anies Minta Generasi Muda Tangkal Hoaks

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Minggu 10 November 2019 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 10 338 2127953 jadi-inspektur-upacara-hari-pahlawan-anies-minta-generasi-muda-tangkal-hoaks-1Hm4qRmOft.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan 2019 di Lapangan Monas. (Foto: Achmad Fardiansyah/Okezone)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan yang diperingati pagi ini, Minggu 10 November 2019. Upacara dilaksanakan di Lapangan Silang Monas Barat, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, dan diikuti pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta para veteran.

Dalam sambutannya, Anies meminta agar semua pihak selalu menghargai dan meneladani para pahlawan atas pengorbanan demi kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini, kata dia, seperti diungkapkan presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno.

Baca juga: Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan 2019 di TMP Kalibata 

"Agar kita senantiasa menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita, Bung Karno, yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," kata Anies saat memimpin upacara Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019).

Ia juga mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya warga Jakarta, untuk bangkit serta berinovasi mengisi kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan.

Baca juga: Refleksi Kebangsaan Muhammadiyah dan NU di Hari Pahlawan 

"Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat inovasi kepada anak muda untuk menjadi pahlawan masa kini sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan 2019: Aku Pahlawan Masa Kini. Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapa pun warga negara Indonesia dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI," ujarnya.

Di momen ini juga, Anies meminta kepada generasi saat ini untuk turut berperan dalam memerangi berita hoaks yang dianggap merusak keutuhan bangsa dan negara.

"Tidak memprovokasi yang dapat mengganggu ketertiban, tidak menyebarkan hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain, dan lain sebagainya," tegas Anies.

Baca juga: Selamat Memperingati Hari Pahlawan Nasional dan Mengenang Pertempuran Surabaya! 

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan usai menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan 2019. (Foto: Achmad Fardiansyah/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini