nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringati Hari Pahlawan, Pengendara Dihentikan Sejenak untuk Heningkan Cipta

Debrinata Rizky, Jurnalis · Minggu 10 November 2019 10:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 10 338 2127963 peringati-hari-pahlawan-pengendara-dihentikan-sejenak-untuk-heningkan-cipta-x76IGJtvkM.jpg Pengendara di Jalan Taman Mini, Jakarta Timur, diberhentikan sejenak untuk mengheningkan cipta selama 60 detik memperingati Hari Pahlawan 2019. (Foto: @TMCPoldaMetro)

JAKARTA – Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Momen ini dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia tersebut.

Menteri Sosial Juliari P Batubara pun mengajak masyarakat mengheningkan cipta sejenak pada Minggu (10/11/2019) pagi ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Baca juga: Jokowi: Isi Kemerdekaan dengan Berantas Kemiskinan dan Kebodohan 

Imbauan itu telah disampaikan Mensos dengan mengirim surat ke beberapa instansi pemerintahan. Salah satunya ditujukan kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Dalam surat yang ditandatangani Mensos Juliari Batubara tersebut tertulis, "Kami mohon kiranya Bapak Kapolri dapat mengeluarkan surat edaran kepada jajaran Polri untuk menghentikan sesaat setiap kendaraan bermotor yang ada di beberapa jalan protokol agar dapat melakukan hening cipta selama 60 detik pada pukul 08.15 waktu setempat."

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Jokowi : Kewajiban Kita Lanjutkan Perjuangan 

Imbauan itu pun langsung diterapkan jajaran kepolisian di lapangan. Seperti dilaporkan akun Twitter @TMCPoldaMetro yang membagikan pelaksanaan mengheningkan cipta tersebut.

Anggota Polri, TNI, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta terlihat di beberapa lokasi sedang menghentikan kendaraan untuk melakukan mengheningkan cipta selama 60 detik.

Beberapa wilayah kawasan protokol terpantau melakukan hening cipta di antaranya Jalan Dewi Sartika dan Jalan Raya Taman Mini di Jakarta Timur; Jalan S Parman, Jakarta Barat; Jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan; serta Jalan Raya Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"(Pukul) 08.24 Polri menghentikan seluruh kendaraan yang melintas selama 60 detik untuk bersama-sama mengheningkan cipta memperingati Hari Pahlawan di wilayah Jakarta Barat," tulis @TMCPoldaMetro.

Baca juga: Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan, Anies Minta Generasi Muda Tangkal Hoaks 

Selain di jalan-jalan protokol, kendaraan di beberapa pintu keluar dan gardu tol juga diberhentikan untuk melakukan hening cipta. Di antaranya adalah Exit Tol Semanggi (depan Mako Polda Metro Jaya), Exit Tol Tegal Parang/Kuningan, Jalan Tol Cilandak, Tol Cengkareng, serta Gardu dan Tol Cakung.

Tampak para pengendara patuh dengan arahan polisi untuk berhenti sejenak melakukan hal tersebut.

Baca juga: Ma'ruf Amin Dampingi Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan 2019 

Peringatan Hari Pahlawan kali ini yang bertema 'Aku Pahlawan Masa Kini'. Momen ini pun diharapkan membuat masyarakat memiliki semangat kepahlawanan untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini