nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SMA Gonzaga Bakal Gugat Balik Orangtua Siswa yang Tak Naik Kelas

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 11 November 2019 12:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 11 338 2128279 sma-gonzaga-bakal-gugat-balik-orangtua-siswa-yang-tak-naik-kelas-kxTV07TgdP.JPG Kuasa hukum SMA Kolese Gonzaga, Edi Danggur (Foto: Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Kuasa hukum SMA Kolese Gonzaga, Edi Danggur menyebutkan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa pihaknya akan mengajukan gugatan balik terhadap orangtua siswa yang tidak naik kelas, Yustina Supatmi.

Hal tersebut disampaikannya usai mediasi batal dilakukan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dikarenakan hakim yang akan memediasi gugatan tersebut sedang sibuk.

Edi menjelaskan bahwa gugatan yang rencananya akan dilayangkan balik ke orangtua murid tersebut karena dianggap telah mencemarkan nama baik pihak sekolah SMA Kolese Gonzaga.

Baca juga: Sidang Gugatan Orangtua Siswa vs SMA Gonzaga Berlanjut ke Mediasi

"Sekolah kami dicemarkan di mana-mana, diadukan kemana-mana. Wajar dong," ucap Edi Danggur, Senin (11/11/2019).

Menurut Edi, hal-hal yang akan menguatkan pihaknya mengajukan gugatan balik lantaran orangtua siswa sudah disosialisasikan dan setuju soal aturan di sekolah pada mata pelajaran peminatan tidak boleh di bawah nilai standar, yakni 75.

Baca juga: Siswa SMA Gonzaga yang Tidak Naik Kelas Lakukan Pelanggaran Disiplin

"Siapa yang keberatan, ajukan keberatan. Dan orangtua yang adalah penggugat ini hadir pada tanggal sosialisasi, yaitu 25 Agustus 2018. Dia ada di nomor urut ke-7 daftar hadir," ungkapnya.

"Sehingga kalau dia ngomong di media massa bahwa kami tidak pernah mensosialisasikan aturan itu, itu bohong besar. Kami punya bukti, dan kami siap bawa itu ke pengadilan nanti," tambah Edi.

Sedangkan, orangtua dari siswa berinisial BB tersebut mengajukan gugatan terhadap pihak sekolah karena berdasarkan Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 yang menyatakan kalau anak tidak naik kelas jika maksimal nilai pada 3 mata pelajaran kurang dari standar.

"Tetapi karena sekolah kami ini punya nilai lebih tinggi daripada yang lain, maka kami naikkan standarnya, dan tambahkan standar ini," terangnya.

Sekadar diketahui, sidang lanjutan gugatan orangtua terhadap SMA Kolese Gonzaga dan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan dilanjutkan pada Selasa, 19 November 2019 dengan agenda mediasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini