nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaji TGUPP DKI Jakarta Diusulkan Masuk Dana Operasional Anies

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 02:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 12 338 2128621 gaji-tgupp-dki-jakarta-diusulkan-masuk-dana-operasional-anies-r6rYcGHCDu.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Dok Okezone/Sarah Hutagaol)

JAKARTA – Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, mengatakan pihaknya merekomendasikan dana gaji Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) dibebankan ke dana operasional Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Ia menjelaskan, anggaran sebesar Rp19,8 miliar pada mata anggaran Bappeda dalam dokumen Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Sementara (KUA-PPAS) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2020 telah dinolkan.

Baca juga: Ketua DPRD DKI: TGUPP Bantu Sisir APBD, Jangan Hanya Nakuti SKPD 

"Alokasi annggaran di Bappeda dinolkan. Rekomendasinya itu dipersilakan menggunakan alokasi anggaran dana operasional gubernur," kata Gembong, Senin 11 November 2019.

Ilustrasi DPRD DKI Jakarta. (Foto: Dok Okezone/Fadel Prayoga)

Politikus PDIP ini menyebut dana tersebut bisa kembali muncul bila di dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta tidak menjalani rekomendasi dari pihaknya.

Baca juga: PDIP DKI Minta Anggaran TGUPP di APBD 2020 Dinolkan 

"Ya, bisa saja perdebatan di Banggar, tetapi rekomendasi hasil pembahasan di Komisi A mengenolkan itu," ujarnya.

Ia menuturkan, keputusan dalam rapat Komisi A DPRD DKI Jakarta hanya meminta anggaran gaji TGUPP pada 2020 menggunakan anggaran operasional Anies.

Baca juga: Fraksi Golkar DPRD DKI: Kerja TGUPP Perlu Diawasi dan Dievaluasi 

"Jadi prinsipnya dialokasikan ke dana operasional gubernur," kata dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Dok Okezone/Achmad Fardiansyah)

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2000, kepala daerah termasuk wakilnya berhak mendapat biaya penunjang operasional (BPO) paling besar 0,15 persen dari pendapatan anggaran daerah (PAD). Pembagian dana itu diatur oleh gubernur dan pendampingnya.

Baca juga: Anggaran TGUPP Rp19,8 Miliar, DPRD DKI: Manfaatnya Apa? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini