Tiga Ruang Kelas SD di Tangerang Roboh Akibat Pergerakan Tanah

Isty Maulidya, Okezone · Selasa 12 November 2019 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 12 338 2128849 tiga-ruang-kelas-sd-di-tangerang-roboh-akibat-pergerakan-tanah-OYlaxZDi80.jpg SDN Malangnengah II roboh akibat pergerakan tanah (Foto: Okezone/Ist)

TANGERANG - Sebanyak tiga ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Malangnengah II roboh, Senin 11 November 2019. Peristiwa tersebut terjadi menjelang maghrib saat gedung sekolah kosong sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Kepala SDN Malangnengah II Kabupaten Tangerang, Saiful Haris, mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi terjadinya peristiwa tersebut. Bahkan, bangunan kelas yang roboh tersebut telah dikosongkan sejak seminggu yang lalu.

Para siswa yang belajar menempati kelas tersebut dipindahkan ke unit bangunan yang lain. Siswa juga melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan cara bergantian antar kelas.

Ilustrasi

“Sudah kita antisipasi, jadi terhitung sejak 4 November 2019. Kebijakan kegiatan belajar mengajar dibagi ke dua shift pagi dan siang," jelasnya saat dikonfirmasi pada Selasa (12/11/2019).

Saiful juga menerangkan dugaan awal penyebab utama robohnya bangunan tiga kelas tersebut adalah pergerakan tanah yang diakibatkan hujan deras dan angin kencang yang terjadi sejak tanggal 31 Oktober hingga awal November 2019. Pergerakan tanah tersebut akhirnya membuat sejumlah tembok bangunan pecah dan retak besar.

“Dugaannya pergerakan tanah. Karena kemarau panjang tanah-tanah retak dan ketika hujan deras berturut-turut struktur bangunan menjadi bergerak, setelah hujan hebat dua hari berturut-turut di awal November, tembok-tembok kelas di unit satu pecah,” jelasnya.

Pantauan di lokasi, robohnya bangunan sekolah itu terjadi pada bagian belakang kelas. Dengan hampir seluruh genting pada bagian belakang kelas roboh. Sementara bagian depan masih nampak lebih baik dan mengalami retak-retak pada bagian temboknya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini