nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JIC Berperan Besar dalam Tingginya Angka Realisasi Investasi di Jakarta

Selasa 12 November 2019 19:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 12 338 2128983 jic-berperan-besar-dalam-tingginya-angka-realisasi-investasi-di-jakarta-GGPKrzdhCP.jpg (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta meluncurkan Jakarta Investment Centre (JIC) pertengahan tahun lalu guna mengoptimalkan peran Mal Pelayanan Publik. Ini merupakan langkah Pemprov DKI Jakarta agar investor dari dalam dan luar negeri tidak ragu menanamkan modalnya di ibukota serta menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Fungsi pokok JIC adalah menjadi wadah pertemuan untuk mengembangkan potensi daerah, membuka peluang investasi dan sektor-sektor unggulan, serta memfasilitasi permasalahan penanaman modal dalam merealisasikan investasi di Jakarta. JIC juga memfasilitasi investor yang akan menjalin kerja sama melalui skema Kerja Sama Pemerintah Daerah dan Badan Usaha (KPDBU), menyediakan jasa pengembangan kemampuan dan konsultasi melalui qualified consultant yang akan mengawal proses investasi dari hulu ke hilir.

JIC dilengkapi dengan inovasi layanan Geo 3 Augmented Realty, yaitu aplikasi yang dapat melihat peta investasi di Jakarta sehingga investor dapat mengetahui potensi yang akan diambil. Aplikasi ini dikembangkan juga untuk mempermudah pelayanan perizinan dan non perizinan yang memerlukan kejelasan lokasi. Aplikasi ini sekaligus berusaha mewujudkan keterbukaan informasi dan awareness kepada masyarakat yang fokus pada data dan informasi ketataruangan, pembangunan gedung, serta data dan informasi lain yang dimiliki oleh Instansi di Provinsi DKI Jakarta.

“Selama beroperasi 1 tahun, JIC telah memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan investasi di DKI Jakarta. Banyak investor baik Dalam Negeri maupun investor Asing mengunjungi JIC untuk berkonsultasi terkait investasi di Jakarta,” ujar Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra di Jakarta belum lama ini.

Dalam menarik investasi ke Jakarta, JIC melakukan berbagai kegiatan seperti matchmaking, sosialisasi, business forum, dan focus group discusion (FGD). Untuk tahun ini saja, telah digelar lebih dari 20 kegiatan dan pertemuan dengan pengusaha skala menengah hingga besar dalam negeri hingga investor asing. Untuk forum business berlangsung di Sidney dan London.

“Kami melihat Australia sebagai salah satu negara paling potensial berinvestasi. Sedangkan kegiatan business forum di London dilakukan berdasarkan latar belakang London sebagai Ibu Kota Kerjaan Inggris dan merupakan pusat kekuatan ekonomi dunia untuk bisnis dan perdagangan. Ekonomi London didominasi oleh industri jasa, terutama jasa keuangan dan perbankan yang memiliki kemiripan dengan geliat potensi investasi di Jakarta,” terangnya.

Pemprov DKI Jakarta

Upaya Pemprov DKI Jakarta membuahkan hasil. Jakarta kini menjadi primadona bagi investor. Ini dibuktikan dengan tingginya angka realisasi investasi di Ibukota sepanjang tahun ini (Januari – September) dengan nilai Rp95,6 triliun atau 15,9 % dari total realisasi investasi Indonesia sebesar Rp601,3 triliun. Angka ini menjadikan DKI Jakarta sebagai provinsi dengan Realisasi Investasi PMDN tertinggi di Indonesia.

Bahkan pada triwulan III tahun 2019, berdasarkan data BKPM Republik Indonesia, realisasi investasi PMA di Provinsi DKI Jakarta tertinggi dibanding provinsi lain di Indonesia, yaitu sebesar US$1,7 miliar.

“Dengan pencapaian tersebut, kami optimis dapat mencapai target Realisasi Investasi 2019 sebesar Rp100,2 triliun, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jakarta 2017 sampai 2022,” pungkas Benni. (cm)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini