nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecelakaan Berujung Maut, Polda Metro Godok Aturan Skuter Listrik

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 14 November 2019 01:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 14 338 2129593 kecelakaan-berujung-maut-polda-metro-godok-aturan-skuter-listrik-9fm7LrM9vt.jpg Ilustrasi pengguna skuter listrik di Jakarta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Dirlantas Polda Metro Jaya mengimbau seluruh Kasat Lantas yang ada wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk melakukan pencegahaan penggunaan skuter listrik di jalan raya.

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri mengatakan, aturan penggunaan skuter istrik masih dalam pembahasan.

“Skuter listrik itu masih dibahas oleh Korlantas Polri dengan Kementerian Perhubungan, nanti dikategorikan apa nih, kalau kendaraan bermotor kan memang harus diregistrasikan berdasarkan undang-undang,” katanya kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (13/11/2019).

Apabila dalam penyusunan regulasi, skuter listrik dimasukan ke dalam katagori kendaraan bermotor, maka kendaraan tersebut harus punya registrasi seperti kendaraan pada umumnya. Sehingga jika terjadi pelanggaran, penggunanya bisa ditindak.

"Tapi sebelum itu kami juga ingin berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, supaya kasus kecelakaan dan pelanggaran pengguna skuter ini bisa diminimalisir,” ujarnya.

Baca juga: Pengemudi yang Tabrak Pengguna Skuter Listrik Ditetapkan Tersangka

Selain itu, pihaknya juga membahas soal lokasi mana saja yang diperbolehkan bagi skuter listrik untuk melintas, serta batasan usia penggunanya.

“Kita akan koordinasi,” ucapnya.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Diberitakan sebelumnya, terjadi kecelakaan lalu lintas melibatkan mobil dengan pengguna skuter listrik. Dari kejadian tersebut, dikabarkan ada dua orang yang meninggal dunia, Ammar (18) dan Wisnu (18), sementara empat orang lainnya mengalami luka-luka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebelum kejadian, Ammar, Wisnu, Bagus, Fajar, Wanda, dan Wulan menyewa tiga otopet listrik layanan Grabwheels dari Pintu 3 Kawasan Gelora Bung Karno menuju arah FX Sudirman.

Ammar dan Wisnu berboncengan begitu juga dengan yang lainnya. Nahas, mereka ditabrak mobil jenis sedan yang tengah melaju kencang.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini