nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deteksi Bahan Peledak, Polres Jakpus Andalkan 2 Ekor Anjing Jenis German Shepard

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 22:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 15 338 2130505 deteksi-bahan-peledak-polres-jakpus-andalkan-2-ekor-anjing-jenis-german-shepard-XiUwQQ7DzO.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Dua ekor anjing pelacak jenis German Shepard bakal berjaga di depan Mapolresta Metro Jakarta Pusat. Kedua anjing tersebut akan mendeteksi bahan peledak (handak) dan narkoba.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat, AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan, kedua anjing itu hibah dari kelompok pecinta hewan melalui Yayasan Natha Satwa Nusantara.

"Pertama kami ucapkan terimakasih, ini akan kami manfaatkan sebaik- baiknya untuk mendeteksi bahan peledak atau narkoba. Tentu kami masih berduka atas ledakan Bom di Polrestabes Medan, tentu adanya anjing- anjing ini dapat membantu pengamanan di Polres Jakarta Pusat," kata Susatyo di Mapolres Metro Jakarta Pusat, Jumat (14/11/2019).

Susatyo menambahkan, setelah menerima anjing yang diberinama Uci dan Moli itu akan dikirim ke Mako Unit Satwa K-9 Direktorat Sabhara Polda Metro Jaya, Slipi, Jakarta Barat. Untuk mengikuti pelatihan, sehingga dua anjing tersebut memiliki standar satuan anjing pelacak (K-9 atau anjing polisi).

"K-9 kan harusnya ada di Polda, jadi ini baru pertama kali dan kami anggap sebagai terobosan kreatif dari masyarakat yang mendukung Polres Jakarta Pusat. Mereka dapat membantu pengamanan Polres mungkin dengan indera penciuman mereka yang tidak tertangkap oleh manusia, " tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini