nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wacana Jalan Margonda Berbayar, Kadishub Depok: Belum Dibicarakan

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 06:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 16 338 2130598 wacana-jalan-margonda-berbayar-kadishub-depok-belum-dibicarakan-yScvoIcEfl.jpg Jalan Raya Margonda, Depok, Jawa Barat (foto: Okezone/Wahyu Muntinanto)

DEPOK - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menetapkan ruas Jalan Margonda Raya di Kota Depok, Jawa Barat menjadi jalan berbayar melalui sistem electronic road pricing (ERP) pada akhir 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan kebijakan penerapan sistem ERP tersebut baru sebatas bahan kajian konsultan BPTJ, bahkan wacana ini pun belum dibicarakan kepada steakholder di Kota Depok.

Baca Juga: Setahun Jadi Tersangka, Berkas Perkara Korupsi Mantan Wali Kota Depok Tak Kunjung Rampung 

JPO jalan margonda depok okezone wahyu muntinanto11

"Itu baru kajian konsultan BPTJ belum didesiminasi scara khusus dengan stakeholder yang berada di Depok," kata Dadang saat dihubungi wartawan, Jumat (15/11/2019).

Karena menurutnya setiap kebijakan tentunya harus melibatkan sejumlah pihak dan perlu pembahasan secara konprehensif, sebab Kebijakan itu dibuat untuk menekan kemacetan dan mendorong warga beralih menggunakan transportasi publik.

"Maka ini yang harus kita benahi terlebih dahulu dan Depok sedang focus utk benahi transportasi publik dan infrastruktur pendukung," pungkasnya.

Sebelumnya Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menerapkan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) pada tahun 2020. Tahap awal, jalan berbayar akan diterapkan di Jalan Margonda (Depok), Jalan Daan Mogot (Tangerang), dan Jalan Kalimalang (Bekasi).

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, sampai saat ini BPTJ sedang menyusun road map dan sedang mengkaji regulasi yang ada.

Baca Juga: Diterpa Kemarau Panjang, Warga Depok Suka Cita Sambut Hujan

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini