nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Bongkar 25 Lapak di Kawasan Sunter

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 21:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 16 338 2130747 antisipasi-banjir-pemprov-dki-bongkar-25-lapak-di-kawasan-sunter-NMgANTQbJq.jpg Pemprov DKI Jakarta menertibkan lapak pengepul barang bekas di Sunter Jaya, Jakarta Utara. (Foto : Ist)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membongkar 25 lapak pengepul barang bekas yang berlokasi di kawasan Sunter Jaya, Jakarta Utara, Sabtu (16/11/2019). Pelaksanaan penataan itu telah melalui proses sosialisasi sejak 18 September 2019.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, penataan pengembalian fungsi saluran yang terintegrasi dengan Danau Sunter Selatan sebagai solusi dalam menangani bencana banjir ketika musim hujan dan menciptakan ruang tata kelola yang lebih baik.

"Dampaknya, saluran tidak terkoneksi karena tertutup bangunan. Selama ini kawasan Sunter seperti di Gaya Motor, Agung Karya dan Sunter Utara kerap tergenang," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/11/2019).

Ia menjelaskan, nantinya saluran di sejumlah jalan di atas akan tekoneksi dengan saluran penghubung (PHB) Jl Agung Perkasa VIII sebelum dialirkan ke Danau Sunter Selatan.

Pemprov tertibkan lapak pengepul barang bekas di Sunter Jaya Jakarta Utara. (Ist)

"Dengan sistem saluran yang terkoneksi, air bisa segera disalurkan dari kawasan yang saat puncak (musim-red) hujan bisa tergenang hingga ketinggian 50 sentimeter tersebut," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, di lokasi tersebut telah dibentuk Posko Terpadu untuk melayani pemilik yang meminta bantuan pindah, fasilitas pendaftaran hunian Rumah Susun Marunda, maupun layanan lainnya yang relevan.


Baca Juga : Cegah Banjir saat Musim Hujan, Pemprov DKI Siapkan Langkah Antisipasi

"Bagi pemilik bangunan, kami tawarkan relokasi hunian ke rumah susun dan relokasi sekolah bagi anak mereka," kata dia. (ERH)


Baca Juga : Pemprov DKI Lelang 12 Jabatan, DPRD: Jangan Sampai Ada Titipan dari TGUPP

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini