nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selundupkan Sabu di Celana Dalam, WN Ghana Ditangkap di Bandara Soetta

Isty Maulidya, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 16:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 19 338 2131831 selundupkan-sabu-di-celana-dalam-wn-ghana-ditangkap-di-bandara-soetta-2AnRwrjVTY.jpg (Foto: Okezone.com/Isty Maulida)

TANGERANG – Seorang warga negara Ghana diamankan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta karena menyelundupkan 827 gram sabu. Obat terlarang tersebut dimasukan ke dalam kapsul plastik, dan diselipkan ke badan dan celana dalam.

Finari Manan, Kepala KPU Bea Cukai Soekarno-Hatta menjelaskan, pelaku berinisial MA (62) awalnya diperintahkan untuk menyelundupkan kapsul berisi sabu dengan cara menelan kapsul tersebut dan nantinya dikeluarkan melalui anus. Namun hal tersebut tidak jadi dilakukan dan diselundupkan lewat pakaian dalam.

"Sebanyak 47 kapsul berisi methapetamine atau sabu disimpan oleh MA di pakaian dalamnya. Awalnya MA ingin menyelundupkan dengam cara ditelan, namun akhirnya diselundupkan dengan cara diselipkan dalam anggota tubuh dan juga pakaian dalam" jelasnya pada Selasa, 19 November 2019.

(Foto: Isty Maulida)

Pelaku merupakan orang suruhan yang dikendalikan oleh seseorang yang sampai saat ini masih dalam pencarian. MA juga mengaku bahwa dirinya diberi upah sebesar 800 Dolar AS jika berhasil membawa sabu ke Indonesia. Hingga saat ini, orang yang mengendalikan MA masih dalam daftar pencarian orang.

"Dia diberi upah 800 Dolas AS oleh seseorang yang sampai saat ini masih kita cari dan diselidiki" ujarnya.

Petugas awalnya mencurigai gerak-gerik MA, dan akhirnya melakukan pemeriksaan. Namun, pemeriksaan tersebut bersih dari temuan yang akhirnya dilanjutkan dengan pemeriksaan badan dan ditemukan 47 butir kapsul plastik berisi kristal bening dengan berat 827 gram. Hasil dari uji lab, kristal tersebut positif methapetamine atau sabu.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini