Rumah Susun di Jakarta Diusulkan Miliki Ornamen Betawi

Sarah Hutagaol, Okezone · Rabu 20 November 2019 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 20 338 2132274 rumah-susun-di-jakarta-diusulkan-miliki-ornamen-betawi-uTZLnMFPRm.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Salah satu ormas Badan Musyawarah (Bamus) Masyarakat Betawi mengusulkan agar rumah susun, atau rusun yang terdapat di DKI Jakarta harus memiliki ornamen Betawi.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Bamus Betawi Rahmat H.S dalam agenda usulan untuk program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) tahun 2020, yang digelar oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI.

"Mengenai pengelolaan rumah susun, kita mau rumah susun yang ada di Jakarta itu harus berornamen betawi," ucap Rahmat saat sesi dengar pendapat dengan Bapemperda di Ruang serbaguna lantai III DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019).

Usulan yang dilontarkan oleh Rahmat berdasarkan adanya usulan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengenai pengelolahan rumah susun di point 37 dalam Propemperda 2020.

 rumah susun

Bahkan, menurutnya, Pemprov DKI telah menekan Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2015 tentang pelestarian kebudayaan betawi, dan guna untuk melestarikan kearifan lokal.

"Karena ini ada perdanya, ada pergub mengenai ikon yang mengikat semua ornamen Jakarta. Jadi jadi rumah susun harus nampak ornamen betawinya," ungkapnya.

"Jadi rumah susun ke depan harus ada gigi balangnya paling tidak, harus ada ondel-ondel, pintu gerbangnya harus mencerminkan kearifan lokal," tutup Rahmat.

Sekadar diketahui, Bapemperda akan menggodok 52 rancangan peraturan daerah (Raperda) yang diusulkan dalam program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) tahun 2020.

Adapun, rinciannya antara lain adalah 27 Raperda usulan dari eksekutif, sedangkan 25 lainnya Raperda usulan legislatif.

Selain Bamus Betawi, masyarakat diundang untuk menyampaikan usulan dan akan dimasukan ke dalam rangka penyusunan Propemperda 2020, adalah YLKI, dan unsur mahasiswa.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini