Tingkatkan Pengguna Transportasi Publik, Pemprov DKI Galakkan Transaksi Non Tunai

Fadel Prayoga, Okezone · Sabtu 23 November 2019 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 23 338 2133596 tingkatkan-pengguna-transportasi-publik-pemprov-dki-galakkan-transaksi-non-tunai-HxRZKIELPV.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus meningkatkan pelayanan untuk meningkatkan jumlah penumpang transportasi publik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyediakan transaksi non tunai di semua moda transportasi umum yang dikelola salah satu BUMD, yaitu Bank DKI.

“Sejalan dengan perkembangan zaman, Bank DKI menyadari masyarakat Jakarta membutuhkan layanan yang cepat dan praktis dengan produk JakCard dan JakLingko,” kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan tertulis di Jakarta (23/11/2019).

 Baca juga: Sering Diserobot Motor, Jalur Sepeda Harus Dipasang CCTV

Saat ini, lanjut dia, JakCard dan JakLingko digunakan untuk alat pembayaran transportasi publik yaitu, Transjakarta termasuk Trans Mikro, MRT Jakarta dan Railink Kereta Bandara Soekarno Hatta serta LRT Jakarta yang akan beroperasi dalam waktu dekat.

"Penerapan transaksi non tunai di transportasi public merupakan bentuk dukungan Bank DKI terhadap program kerja Pemprov DKI Jakarta yang mendorong penggunaan transportasi publik di DKI Jakarta dan mewujudkan less cash society," ujarnya.

 Baca juga: Masih Banyak Pengendara Motor Serobot Jalur Sepeda

Selain sebagai alat pembayaran transportasi publik, kata dia, Jakcard juga bisa dipakai sebagai alat pembayaran saat akan berekreasi, seperti ke Monumen Nasional, Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol dan beberapa Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik yang berlokasi di Kota Tua.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengimbau masyarakat yang akan beraktivitas di Ibu Kota untuk mulai menggunakan transportasi umum yang ramah lingkungan dan meninggalkan kendaraan pribadi. Hal itu bertujuan untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota.

"Mari kita wujudkan kelancaran lalu lintas dan perbaikan kualitas udara Jakarta yang lebih baik," katanya.

Menurut dia, dengan semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum, maka diprediksi titik kemacetan di jalanan Jakarta akan semakin berkurang.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini