Pembangunan Hotel di TIM Disebut Kamuflase Bisnis

Sarah Hutagaol, Okezone · Senin 25 November 2019 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 25 338 2134167 pembangunan-hotel-di-tim-disebut-kamuflase-bisnis-e9dY1NtUMl.jpg Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono

JAKARTA - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono menyoroti adanya pemanfaatan lahan untuk area bisnis dalam rencana revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) dengan membangun hotel di kawasan tersebut yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Alasan Pak Anies untuk membangun hotel ini hanya kamuflase untuk menutup dari publik bahwa ada orientasi bisnis di sana," ucap Gembong saat dikonfirmasi, Senin (25/11/2019).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto : Okezone.com)

Gembong menilai revitalisasi TIM sudah melenceng dari tujuan. Pasalnya, pembangunan kembali TIM tidak diperuntukan untuk mempertahankan budaya, namun justru untuk berbisnis dengan membangun hotel bintang lima.

"Jangan memang ruang yang diperuntukkan ketahanan budaya, tapi justru dimanfaatkan untuk area bisnis. Itu kan keluar dari konteks pelestarian budaya," ungkapnya.

Karena itu, Gembong akan melaksanakan perintah dari DPP PDI Perjuangan untuk melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mengenai revitalisasi TIM tersebut.

"Yang kami soroti, kita ingin ada kekuatan dalam mempertahankan jati diri bangsa melalui budaya. Ada ruang yang memang kita pertahankan untuk bisa melestarikan leluhur bangsa," tutup Gembong.

Baca Juga : PDIP Tak Sepakat soal Wacana Penambahan Masa Jabatan Presiden

Sekadar diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo akan merevitalisasi kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat pada 2019. Revitalisasi kawasan TIM sendiri merupakan pelaksanaan dari Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 63 Tahun 2019.

Sebelumnya, sejumlah seniman yang berkegiatan di TIM menolak keterlibatan Jakpro untuk mengelola kawasan dan fasilitas TIM. Mereka juga mempertanyakan rencana hotel dibangun di TIM. Sempat terjadi cekcok antara seniman dengan pejabat Pemprov DKI yang menyosialisasikan revitalisasi kawasan TIM itu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini