nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Metro Ringkus 85 Warga China di Jakarta Barat

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 26 November 2019 16:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 26 338 2134679 polda-metro-ringkus-85-warga-china-di-jakarta-barat-vKGY41TMa8.jpg ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Aparat Polda Metro Jaya menangkap 91 orang terkait kasus penipuan melalui telepon. 85 orang di antaranya merupakan warga China, enam lagi warga Indonesia. Mereka ditangkap di tujuh lokasi di Jakarta Barat sejak kemarin.

"Kita melakukan penangkan 91 orang di tujuh lokasi," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono kepada wartawan, Selasa (26/11/2019).

Salah satu lokasi penangkapan adalah di sebuah rumah mewah di Slipi, Jakarta Barat.

 Ilustrasi

Polisi menduga komplotan itu menipu melalui telepon. Korbannya adalah warga asing yang kebanyakan dari China. Modusnya adalah pelaku pura-pura membantu mengurus segala permasalahan yang menimpa korban dan meminta dikirim uang.

Gatot mengatakan Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Divisi Hubungan International (Hubinter) Polri kemudian ke kepolisian China terkait nasib warga China yang ditangkap tersebut. Para pelaku akan dideportasi dan penindakannya dilakukan oleh kepolisian China.

Direktur Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan mengatakan dalam penangkapan tersebut ada enam warga Indonesia. Namun, status mereka masih saksi.

"Kita tidak temukan indikasi keenamnya terlibat, sehingga mereka tidak kita tahan dan tidak ditetapkan jadi tersangka," tutupnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini