Pemprov DKI Minta Restoran dan Hotel di Jakarta Bersertifikat Halal

Fadel Prayoga, Okezone · Rabu 27 November 2019 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 27 338 2135270 pemprov-dki-minta-restoran-dan-hotel-di-jakarta-bersertifikat-halal-Np3TAFSpOu.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta terus mengupayakan berbagai cara untuk menggenjot wisata halal di Ibu Kota. Salah satunya dengan mewujudkan produk dan layanan keuangan berskema syariah melalui Unit Usaha Syariah (UUS) yang dikembangkan oleh salah satu BUMD, Bank DKI.

"Semakin banyak pihak yang terlibat, akan semakin cepat perkembangan pariwisata halal Jakarta," kata Plt Kadisparbud DKI Jakarta Alberto Ali di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya menargetkan satu juta wisatawan muslim mengunjungi Jakarta pada tahun 2020. Salah satu faktor penunjang agar target itu terpenuhi adalah seluruh restoran dan hotel di Ibu Kota sudah tersertifikasi halal.

"Jadi semakin banyak UKM dan restoran yang memiliki sertifikasi halal, jadi semakin banyak wisatawan muslim. Kita targetkan wisatawan muslim 1 juta di 2020, dengan catatan restoran dan hotel sudah bersetifikasi halal. Kita perlu tambah restoran-restoran halal di Jakarta. InsyaAllah kalau industri hotel dan restoran akan mengembangkan wisatawan halal enggak bakal rugi," katanya.

Ilustrasi

Sementara itu, Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi menyebut, sejumlah langkah telah dilakukan pihaknya dalam mendukung destinasi halal, termasuk menandatangani kesepahaman dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama Republik Indonesia tentang jaminan produk halal dan pengembangan kelembagaan.

"UUS Bank DKI pun telah menyediakan produk dan layanan perbankan kepada berbagai komponen industri halal, termasuk tour dan travel yang menyediakan parawisata halal," ujarnya.

Menurut dia, industri halal akan semakin terus berkembang, mengingat jumlah muslim yang dominan di Indonesia dan semakin tingginya kesadaran gaya hidup halal pada umat muslim menjadi peluang bisnis menjanjikan.

"UUS Bank DKI pun telah menyediakan produk dan layanan perbankan kepada berbagai komponen industri halal, termasuk tour dan travel yang menyediakan parawisata halal," kata dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini