Tak Restui Revitalisasi TIM, DPRD DKI Pangkas Anggaran Jakpro Rp400 Miliar

Fadel Prayoga, Okezone · Rabu 27 November 2019 22:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 27 338 2135278 tak-restui-revitalisasi-tim-dprd-dki-pangkas-anggaran-jakpro-rp400-miliar-eXLgwr4Uku.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - DPRD DKI Jakarta tak merestui pembangunan hotel bintang lima di kawasam Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Alhasil anggaran penyertaan modal daerah (PMD) untuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) pada tahun 2020 mendatang dipangkas sebesar Rp400 miliar.

"Mau namanya apa terserah, pokoknya ada tempat menginap yang saya kira itu kurang menarik bagi masyarakat. Sudah enggak usah ada hotel di situ," kata Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, Mohammad Taufik dalam rapat badang anggaran (Banggar) di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).

 Baca juga: Revitalisasi TIM, Ketua DPRD Minta Pendekatan ke Seniman Harus Humanis

Dalam kesempatan yang sama, anggota banggar DPRD DKI, Gembong Warsono meminta PT Jakpro dan Pemprov untuk membatalkan pembangunan hotel.

"Kita harus kembalikan marwah TIM sebagai pusat budaya, maka hal-hal yang berbau bisnis harus disingkirkan," ujarnya.

 Baca juga: Videonya Viral, Anies Tegur Deputi Pariwisata yang Bentak Seniman di TIM

Politikus PDIP itu menyebut istilah wisma yang disebut oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya sebuah permainan kata untuk menipu rencana pembangunan hotel tersebut.

"Wisma itu kan untuk ngapusi kita semua, hakikatnya hotel yang akan dimanfaatkan. Jadi jangan coba-coba kita dibohongi terus-terusan," katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Banggar DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi memutuskan untuk memotong dana revitalisasi TIM menjadi Rp200 miliar dari yang sebelumnya sebesar Rp600 miliar. Sehingga, dana PMD PT Jakpro yang disetujui mengalami penurunan dari Rp 3,106 triliun menjadi Rp 2,706 triliun.

"Ini saya putuskan Jakpro ya. Mungkin saya kurang puas, tapi sebagai hakim saya putuskan (dana PMD) Jakpro Rp 2,706 triliun ya," kata Prasetyo sembari mengetuk palu.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini