nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Sanggup Merawat, Bayi Usia 3 Minggu Dibuang Ibu Kandung

Wijayakusuma, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 01:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 29 338 2135773 tak-sanggup-merawat-bayi-usia-3-minggu-dibuang-ibu-kandung-tDRKIE4JCa.jpg ilustrasi

BEKASI - Seorang bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan warga tergeletak dalam kardus di pinggiran jalan di Perumahan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/11/2019) pagi. Penemuan tersebut sontak menjadi tontonan warga yang langsung memadati lokasi.

"Penemuan bayi sekitar pukul 06.30 WIB, di depan Yayasan Mahanaim, Perumahan Rawalumbu. Ada dua saksi, seorang ibu dan anaknya yang melihat bayi disimpan dalam kardus di pinggir jalan. Bayi dalam keadaan sehat," kata Kasubbag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing Andari kepada Okezone.

Ilustrasi Shutterstock

Bayi yang diperkirakan berusia 3 minggu itu diduga sengaja dibuang oleh orangtua kandungnya. Hal tersebut diperkuat dengan temuan surat wasiat dari orangtua bayi untuk panti asuhan di sekitar lokasi, yang juga ditemukan dalam kardus. Dalam surat wasiat, tertulis bahwa bayi tersebut bernama Grace yang lahir pada 7 November 2019.

"Jadi disimpan dalam kardus yang berisi pakaian bayi dan juga ada surat wasiat yang ditulis ibu bayi, yang berisikan bahwa ibu tersebut sudah tidak mampu mengurus bayinya," ujar Erna.

Bayi malang tersebut selanjutnya diserahkan kepada dinas terkait untuk diperiksa kesehatannya. Polisi juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Sementara kami berkoordinasi dari pihak kelurahan maupun dengan pihak dinas sosial. Untuk tindak lanjutnya kita cek dulu kesehatannya di rumah sakit ya, nanti kita lanjut serahkan ke dinas sosial," paparnya.

Erna juga menjelaskan bahwa sang ibu kandung masih bisa mengambil kembali bayi tersebut jika memang menginginkan.

"Nanti kalau memang ada orang tua dari bayi tersebut merasa dia membuang dan ternyata dia punya rasa keibuan untuk mengambil bayi tersebut, mungkin bisa berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan dari kepolisian," jelasnya.

Baca Juga : Pemuda Mabuk Ancam Jamaah Masjid Pakai Parang saat Maulid Nabi

Namun, lanjut Erna, jika dalam penyelidikan memang terbukti orangtua kandung sengaja membuang bayi tersebut, maka proses hukum tetap akan berlaku.

"Kita masih mencari dan melakukan penyelidikan terhadap orangtua si bayi. Sementara itu kalau ternyata dia memang sengaja membuang kita bisa pidanakan," kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini