Pemprov DKI Baru Menjual Rumah DP 0 Rupiah Sebanyak 100 Unit

Fadel Prayoga, Okezone · Rabu 04 Desember 2019 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 338 2137926 pemprov-dki-baru-menjual-rumah-dp-0-rupiah-sebanyak-100-unit-1M6weP59U9.jpg Ilustrasi Rumah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta baru menjual rumah DP nol rupiah lokasi hunian Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur sebanyak 100 unit dari 780 rumah yang tersedia. Padahal, hunian itu sudah diresmikan sejak 31 Agustus 2019 lalu.

Kepala Dinas Perumahan, Kelik Indriyanto mengatakan pihaknya optimis akan terus bertambah, karena hingga kini masih ada yang diproses oleh Bank DKI.

"Sekitar seratusan dari 780, tapi proses masih jalan terus sambil jalan," kata Kelik di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2019).

Rumah

Baca Juga: Akses Mudah dan Berkualitas, Alasan Warga "Demen" Rumah DP 0 Rupiah

Menurutnya, hunian itu tetap diminati oleh masyarakat karena hingga kini masih banyak warga yang belum memiliki rumah pribadi. Kata dia, banyak peminat yang gagal memenuhi syarat karena tak sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak Bank DKI.

"Memang tingkatnya (pembelian) masih rendah karena ada beberapa persyaratan di bank DKI belum bisa lolos, peminat banyak," ujarnya.

Berdasarkan keterangan pihak bank, kata di, masyarakat memang sudah sempat memenuhi syarat administrasi. Namun ketika diperiksa kemampuan kreditnya, banyak pendaftar yang masih menunggak cicilan lain.

"Peminat hunian punya kredit lain, eletronik, motor, ini mungkin bankcheking enggak masuk lagi," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan tower Samawa yang menjadi rumah hunian pertama Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah, Sabtu 31 Agustus 2019 di lokasi hunian Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Anies menyebut dengan tersedianya hunian itu akan dapat menyelesaikan permasalahan ketimpangan yang ada di Ibu Kota.

"Jadi program ini bukan sekadar menyediakan rumah hari ini. Bukan hanya sekadar memberikan akses pembiayaan hari ini. Program ini adalah dalam jangka panjang, membereskan ketimpangan yang ada di DKI Jakarta ini," kata Anies di lokasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini