nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temu Nasional Kostratani, Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Rabu 11 Desember 2019 15:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 11 338 2140654 temu-nasional-kostratani-wujudkan-ketahanan-pangan-nasional-J377EnTuL6.jpeg Temu Nasional Kostratani di Gedung F Kementan Rabu (11/12/2019) (Foto: Wilda/Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan program ketahanan pangan nasional, Kementerian Pertanian (Kementan) luncurkan gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani). Pertemuan nasional Kostratani kali ini diadakan di gedung F Kementan pada Selasa (11/12/2019).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Kostratani merupakan gerakan pembaharuan pertanian yang dimulai dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di tingkat kecamatan yang berkewajiban untuk mengoptimalkan tugas, fungsi, dan perannya dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian.

"Hari ini semua penyuluh kepala BPP, penyuluh pertanian, kecamatan se-Indonesia hadir disini untuk kemudian kita canangkan komando strategis pertanian yang ada di kecamatan. Kita galang dan bentuk melalui pendekatan pertanian dengan menggunakan bentuk IT, bentuk-bentuk yang lebih maju dari apa yang selama ini anda juga miliki," terang mentan SYL.

Mentan juga menyampaikan penerapan sistem digital di dunia pertanian. Para petani telah diberikan edukasi dalam menggunakan digital sistem di era industri 4.0 ini.

"Sudah dilakukan dilakukan penyuluhan digital sistem kepada petani terutama untuk mengggunakan digital sistem dengan android yang mereka punya," ungkap mentan SYL.

Untuk lebih mengoperasionalkan gerakan Kostratani sebagai pusat data dan informasi berupa data realtime dari Kostratani yang terhubung dengan pusat gerakan pembangunan pertanian baik itu dalam program grafik pertanian masuk sekolah, grasida, sikomandan, family farming dan lain sebaginya, maka pusat pembelajaran di BPP itu digunakan sebagai tempat untuk pelaksanaan imtek , sekolah lapang, termasuk untuk mewadahi kegiatan demonstrasi area maupun farm.

Tujuan dilakukannya temu nasional Kostratani kali ini diharapkan akan meningkatkan koordinasi pelaksanaan gerakan komando strategi pembangunan pertanian di berbagai tingkatan mulai dari pusat, sampai tingkat kecamatan. Dalam laporan yang disampaikan, target 100 hari kinerja kementerian pertanian ini telah dilakukan sosialisasi tingkat nasional sampai tingkat kecamatan di 400 BPP.

Selain itu, terdapat pula bimbingan teknis penggunaan ICT kepada penyuluh pertanian dan kepada petugas IT di kostratani, kostrada dan kostrawil serta pengadaan sarana komputer, LCD, untuk kostratani, kostrada, dan kostrawil, dan sebagian ada pengadaan drone. pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pelaksana kostratani di awal tahun 2020 diharapkan gerakan ini sudah masif bisa dilaksanakan oleh kita semua sebagai pelaku dan penggerak pembangunan pertanian.

Acara yang digelar di gedung F Kementerian Pertanian Jakarta Selatan ini dihadiri oleh lebih dari 1200 orang peserta yang terdiri dari pimpinan lingkup Kementerian Pertanian, kepala dinas pertanian provinsi, kepala dinas kabupaten provinsi Jawa Barat, kepala BPP seluruh Indonesia, serta para kepala UPT lingkup kementerian pertanian dan para eselon 3 lingkup badan SDM dan Kementerian Pertanian. (cm) (wil)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini