nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Diluncurkan, Panggilan Darurat Tangsel 112 Tak Bisa Diakses

Hambali, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 09:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 12 338 2140940 baru-diluncurkan-panggilan-darurat-tangsel-112-tak-bisa-diakses-CrKTqCBB11.JPG Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany saat peluncuran layanan NPD 212 (Foto: Okezone.com/Hambali)

TANGSEL - Peluncuran Nomor Panggilan Darurat (NPD) 112 untuk masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diapresiasi banyak pihak. Nomor pelayanan itu dinilai dapat memberi penanganan lebih dini terhadap situasi darurat yang dialami warga.

Peluncuran nomor 112 itu berlangsung di Balai Kota, Jalan Maruga, Ciputat, Rabu 11 Desember 2019. Hadir Wali Kota Airin Rachmi Diany beserta jajaran, Kementerian Kominfo, Kapolres, hingga Kajari Kota Tangsel.

Namun belakangan, apresiasi atas peluncuran pelayanan 112 justru melahirkan kritik tajam. Karena setelah dicoba, panggilan 112 tak dapat beroperasi sebagaimana diharapkan. Masyarakat mengeluh, jika layanan itu hanya direspons oleh mesin penjawab otomatis saat dihubungi.

"Nomor yang Anda tuju tidak dapat dihubungi, mohon periksa kembali nomor tujuan anda," bunyi mesin penjawab otomatis dari 112.

Guna membuktikan keluhan warga itu, Okezone mencoba menghubungi layanan NPD 112 dari beberapa nomor provider. Hingga Kamis (12/12/2019) pagi, ternyata keluhan warga terbukti, nomor 112 tak dapat diakses dengan jawaban yang sama. Bahkan tak sedikit nomor panggilan yang langsung terputus begitu terhubung ke nomor 112.

Saat dikonfirmasi mengenai kendala itu, Diskominfo Tangsel membantah seraya memastikan, bahwa sementara ini semua berjalan normal. Disebutkan, nomor 112 bisa digunakan langsung masyarakat usai diluncurkan. Sebanyak 12 petugas operator disiapkan untuk melayani panggilan masuk selama 24 jam.

"Sudah stand by. Petugas operator ada 12 orang, mereka terbagi dalam 4 shift. Tiap shift terdiri atas 3 orang operator. Jadi masyarakat cukup akses 112 dan langsung dilayani," ucap Ardi, salah satu staf di Kominfo Tangsel saat dikonfirmasi Okezone terpisah.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tangsel, Fuad, memuji bahwa NPD 112 akan sangat berperan dalam menangani kondisi darurat yang dialami warga. Pelayanan itu mudah diakses kapanpun selama 24 jam penuh.

Meski begitu, diakui Ardi, karena layanan 112 ini baru pertama kali diluncurkan bagi masyarakat Kota Tangsel, maka ada sejumlah penyesuaian dalam Base Transceiver Station (BTS) nomor yang masuk. Dikatakannya, penelefon yang coba akses 112 bisa saja terhubung ke daerah luar Tangsel karena lokasi wilayah yang berbatasan.

"Tapi terkait dengan BTS itu kan kementerian, kalau kami sudah standby 24 jam. Ada sebagian sudah ada yang masuk, karena awal, tapi ada yang mungkin BTS nya masih ke Jakarta, Depok, Tangerang, itu sudah kami informasikan ke kementerian, karena ranahnya kementerian," jelasnya.

"Ada banyak pelayanan yang bisa diakses melalui nomor ini. Yang pertama adalah pelayanan perlindungan diri, layanan evakuasi, pelayanan kebakaran, pelayanan kecelakaan, pelayanan unit gawat darurat dan lainnya yang bersifat urgensi," kata Fuad saat peluncuran nomor 112.

Begitupun Airin dalam sambutan sempat menjelaskan, bahwa informasi panggilan 112 harus sampai kepada masyarakat. Sehingga dia meminta kepada wartawan kompak menyampaikan nomor panggilan pelayanan darurat yang diklaim bisa diakses kapanpun dan oleh siapapun.

"Jadi, saya minta kepada media, untuk menyampaikan informasi ini. Agar masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mencari akses situasi mendesak. Kami juga melakukan kerjasama dengan beberapa stakeholder. Sehingga pelayanannya semakin maksimal," tutur Airin.

Airin menyatakan, waktu yang dibutuhkan sejak pelaporan hingga pertolongan sampai di lokasi mencapai sekira 7 menit.

"Untuk SOP-nya target kita 7 menit. Dari pengaduan masyarakat diterima operator, dan dilanjutkan pelaporan ke instansi atau OPD terkait bisa dalam waktu 7 menit, untuk bisa ditindaklanjuti ke lapangan," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini