Anies Groundbreaking Pembangunan Rumah DP 0 Rupiah di Cilangkap

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 12 Desember 2019 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 12 338 2140997 anies-groundbreaking-pembangunan-rumah-dp-0-rupiah-di-cilangkap-m2yiOjB0nU.jpg Anies saat groundbreaking Rumah DP 0 Rupiah di Cilangkap. (Foto: Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri groundbreaking pembangunan rumah DP 0 Rupiah di kawasan Cillangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12/2019). Pembangunan itu sebagai wujud realisasi janji kampanyenya sewaktu Pilkada DKI 2017.

"Alhamdulillah kita bersyukur pada pagi hari ini hadir di dalam groundbreaking program DP Nol Rupiah Nuansa di Cilangkap ini," kata Anies di lokasi.

Menurut dia, persediaan hunian murah bagi masyarakat Ibu Kota masih sangat terbatas, sehingga jadi tugas pemerintah untuk membantu menyediakan tempat tinggal yang layak bagi warganya.

"Kita menyadari bahwa banyak masyarakat di Jakarta yang harus mengontrak, harus kos, harus sewa untuk hunian sehari-hari. Nilai rupiah yang mereka keluarkan untuk mengontrak rumah, mengontrak hunian, seringkali equivalent atau hampir sama dengan nilai cicilan yang mereka harus bayarkan," ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menilai banyak masyarakat yang takut membeli rumah karena mayoritas perumahan harus membayar uang muka sebelum membelinya.

(Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

"Tetapi masalahnya mengapa mereka tidak mengikuti program-program kepemilikan rumah yang biasanya ada, yang disiapkan di sektor swasta. Karena kewajiban untuk menyiapkan uang muka. Uang mukanya yang nilainya cukup signifikan," ujarnya.

Sementara itu, Dirut Perum Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan menjelaskan, luas lahan keseluruhan Nuansa Cilangkap mencapai 2,9 hektare dengan lahan bangunan satu tower menara seluas kurang lebih 0,65 ha.

"Nuansa Cilangkap Hunian DP 0 Rupiah direncanakan akan dibangun dalam 4 tower (menara), di mana saat ini 1 (satu) tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai dan dan dua tipe hunian, yaitu tipe studio dan 2 kamar, diperuntukkan bagi program DP Nol Rupiah dengan nama Menara Samawa Cilangkap," kata Yoory

Yoory menambahkan, pembangunan proyek Menara Samawa akan kembali bekerja sama dengan PT Totalindo Eka Persada Tbk. Ia menargetkan pengerjaan itu rampung pada 2021.

"Terima kasih kepada Gubernur atas restu dan arahannya sehingga peresmian pembangunan ini bisa terlaksana," kata Yoory.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini