nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

74 Tahun RI Merdeka, Umat Hindu di Jakarta Akhirnya Miliki Mesin Kremasi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 13:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 12 338 2141037 74-tahun-ri-merdeka-umat-hindu-di-jakarta-akhirnya-miliki-mesin-kremasi-Hx0u6uzDWG.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan dan pemuka Hindu melihat mesin kremasi (Twitter @aniesbaswedan)

JAKARTA - Pemerintah Provinisi (Pemprov) DKI Jakarta menghibahkan mesin kremasi modern kepada Yayasan Hindu Graha Yadnya pada Rabu 11 Desember 201o. Pemberian itu setelah adanya permohonan dari pengurus Suke Duka Hindu Dharma di Pura Segara, Cilincing, Jakarta Utara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut dirinya kerap mendapatkan laporan kalau warga Jakarta pemeluk agama Hindu kerap kesulitan ketika mencari tempat kremasi jika ada kerabat atau keluarganya yang meninggal dunia.

"Di Jakarta, sering terjadi umat Hindu harus mengalami kerumitan ekstra ketika ada warganya yang berpulang.' Pada waktu itu juga kami sampaikan, siap. Pemprov DKI Jakarta harus bisa. Karena, DKI Jakarta ini harus bisa mengayomi semua. Seluruh penduduk yang ada di DKI Jakarta harus bisa terayomi dan ini adalah komitmen kita," kata Anies.

 Ilustrasi

Menurut dia, melalui hibah alat kremasi tersebut, pelayanan kremasi umat Hindu di Jakarta diharapkan dapat terfasilitasi dengan baik, sehingga masyarakat menjadi terbantu dalam pelaksanaan ajaran agama kepercayaannya.

"Jakarta menjadi Ibu Kota ini sudah 74 tahun. Karena itu, miris rasanya, 74 tahun kita sebagai Ibu Kota, tapi alat kremasi malah belum ada. Jadi, hari ini, tuntas sudah. Sudah terlalu lama kita menunggu alat itu. Jadi, kita ingin agar di tempat ini nantinya benar-benar umat Hindu di Jakarta merasakan berada di rumah sendiri, merasakan keteduhan, ketenangan di dalam menjalankan semua yang menjadi prinsip-prinsip di dalam menunaikan kewajiban agama," ujarnya.

Alat kremasi tersebut merupakan hibah pertama kalinya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta pada umat Hindu sebagai bagian pelayanan atas semua kelompok umat beragama di wilayah DKI Jakarta. Hibah ini merupakan pemenuhan janji Anies kepada umat Hindu di wilayah Cilincing, Jakarta Utara.

Anies menyebut, dalam menyediakan alat kremasi itu pihaknya menghabiskan dana sekira Rp 1,395 miliar.

"Dan mudah-mudahan ke depan, hal-hal yang masih menjadi kebutuhan, kita bicarakan. Karena intinya kita ingin tunaikan. Dan apa yang sekarang menjadi fasilitas, kami berharap ini nantinya bisa dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin," katanya.

Ia berharap kenyamanan Ibu Kota bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh pemeluk agama. Sehingga dengan adanya penyediaan alat kremasi itu maka setiap golongan dapat melakukan kremasi.

"Kita ingin Jakarta kota yang setara. Jangan sampai Jakarta ini kota yang hanya dirasakan bagi sekelompok orang. Sekelompok itu baik secara latar belakang, maupun secara sosial-ekonomi. Dan kami menyadari bagi masyarakat yang berpunya, masalah alat kremasi bukan persoalan. Tapi, bagi mereka yang secara sosial-ekonomi itu bukan dalam kondisi yang kuat, kehadiran dari negara itu dibutuhkan," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini