nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalani Sidang Perdana, Luthfi Pembawa Merah Putih Dapat Banyak Dukungan

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 15:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 12 338 2141119 jalani-sidang-perdana-luthfi-pembawa-merah-putih-dapat-banyak-dukungan-G5thcyy8z9.jpg Luthfi pembawa bendera merah putih saat demo di DPR jalani sidang perdana (Foto : Okezone.com/Sarah)

JAKARTA - Sidang perdana seorang siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Luthfi Alfiandi yang fotonya saat menggenggam bendera merah putih viral di media sosial digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Sebelum dimulai, ruang sidang utama dipenuhi dengan banyak orang yang kebanyakan merupakan ibu-ibu, beberapa di antaranya mengenakan seraga, ormas Pemuda Pancasila (PP).

"Luthfi jangan nunduk, kalian semua enggak bersalah. Semangat! Semangat! Bebaskan Luthfi!" teriak beberapa orang ibu-ibu di ruang sidang kepada Luthfi yang sedang duduk di bangku depan majelis hakim, Kamis (12/12/2019).

Luthfi membawa merah putih saat demo jadi viral (Foto : Twitter)

Tak lama, Luthfi yang berada di depan bersama dengan tahanan yang lain pun diminta untuk berdiri dan menoleh ke belakang agar dapat dilihat oleh orang-orang yang menghadiri sidang.

Luthfi pun menoleh ke belakang dengan senyum sembari mengatupkan telapak tangannya, dan juga menganggat kepalan tangannya.

Baca Juga : Natal & Tahun Baru, Polisi Perketat Penjagaan Tempat Ibadah dan Lokasi Rekreasi

Diketahui sebelumnya, Luthfi diduga terlibat melakukan kerusuhan saat demo pada di depan Gedung DPR pada 30 September 2019. Ia pun disebut polisi turut serta melakukan kericuhan saat demo berlangsung.

Kasus Luthfi diklasifikasikan sebagai kejahatan terhadap aparat negara. Adapun sejumlah pasal yang dikenakan yakni Pasal 212 KUHP juncto Pasal 214 ayat 1 KUHP atau Pasal 170 KUHP atau ketiga, Pasal 218 KUHP.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini