Pemprov DKI Akan Bangun LRT Rute Pulogadung-Kebayoran Lama

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 13 Desember 2019 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 338 2141390 pemprov-dki-akan-bangun-lrt-rute-pulogadung-kebayoran-lama-xaRMKmuxnO.jpg LRT Jakarta (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana mengerjakan rute baru Light Rapid Transit (LRT). Nantinya, rute itu akan dimulai dari Pulogadung menuju Kebayoran Lama.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Syafrin Liputo menjelaskan, diusulkan dalam pembangunan rute baru LRT itu akan terdiri dari 27 koridor. Saat ini moda transportasi berbasis rel itu hanya melayani rute Kelapa Gading-Velodrome dan Kelapa Gading Jakarta International Stadium (JIS).

"Kami akan melakukan akselerasi untuk yang koridor duanya itu dari Pulogadung ke Tanah Abang-Kebayoran Lama," kata Syafrin kepada wartawan di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Syafrin menerangkan, pembangunan ini masih dalam tahap perencanaan administrasi. Ia menargetkan seluruh dokumen selesai tahun 2020. Ia mengaku telah memetakan jalur mana saja yang akan dilewati oleh LRT ini.

"Usulan yang akan kami bangun itu adalah LRT mulai Pulogadung, kemudian Perintis Kemerdekaan, masuk ke Suprapto, Senen, Tugu Tani, Kebon Sirih, Tanah Abang. Tanah Abang turun ke KS Tubun, ke Kebayoran Lama. Jadi trasenya seperti itu," kata dia.

Jalur LRT itu, kata Syafrin, diperkirakan sepanjang 19,7 kilometer diperkirakan menghabiskan anggaran Rp15 triliun. Ia berencana mewujudkan jalur LRT ini dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"(Panjang jalur) Total 19,7 kilometer. (Anggaran) sekitar Rp15 triliun," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya ditunjuk sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam mengerjakan proyek tersebut. Namun karena skema pembangunannya KPBU, ia akan menggandeng BUMD untuk pembangunan sarana LRT.

"Infrastruktur pemerintah, untuk sarananya badan usaha penyelenggara BUP. Pemerintah daerah membangun prasarana," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini