nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPRD DKI: Masalah PKL di Kota Tua Harus Diselesaikan Lintas SKPD

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 13:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 13 338 2141424 dprd-dki-masalah-pkl-di-kota-tua-harus-diselesaikan-lintas-skpd-URpiyXJjI6.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz mengatakan permasalahan pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan dagangannya di trotoar sekitaran kawasan Kota Tua, Jakarta Barat dapat diselesaikan bila ada koordinasi yang baik antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Menurut dia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) tak bisa sendirian menangani penataan PKL tersebut. Ia mendorong Satpol PP hingga Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, serta Perdagangan (KUKMP) untuk membantu menyelesaikan persoalan tersebut.

"Karena kita melihat pengelolaan PKL di kawasan Kota Tua ini masih banyak yang belum tertata dengan baik, padahal di satu pihak pengunjung ini juga kan maunya belanja, tapi mereka senangnya yang tertata," kata Abdul kepada wartawan, Jumat (12/12/2019).

Ia mengingatkan agar SKPD yang dimaksud perlu memperhatikan aspek-aspek kepariwisataan yang terus berkembang di sana, seperti eksistensi kegiatan seni budaya para pegiat seni yang dilakukan di sekitar lokasi, pada penataan yang dilakukan.

“Jadi jangan sampai kegiatan relokasi PKL yang dilakukan menghambat kegiatan kegiatan seni disana. Karena terus terang pegiat seni juga banyak disana, dan mereka harus banyak tempat dan mereka harus dapat panggung disitu,” ujarnya.

PKL Jualan di Trotoar

Ia menyatakan pihaknya tak menutup kemungkinan agar menggelar kunjungan kerja menuju kawasan Kota Tua untuk memastikan keberadaan kegiatan PKL beserta kegiatan seni budaya dapat berjalan secara proporsional.

"Kita mungkin akan coba lihat langsung ke lapangan dengan UPT Kota Tua dan juga Disparbud (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan), sehingga kita bisa memberi masukan-masukan yang positif lagi. Seandainya perlu perbaikan, kalau ada yang kurang baik tentu akan kita tegur," kata dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini