Dua Pesawat Garuda Hampir Bertabrakan di Bandara Soetta

Isty Maulidya, Okezone · Jum'at 13 Desember 2019 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 338 2141486 dua-pesawat-garuda-hampir-bertabrakan-di-bandara-soetta-D0LDo7RbGn.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

TANGERANG - Dua pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan masing-masing, GA649 rute Ternate-Bandara Soetta (CGK), dan pesawat GA246 rute Bandara Soetta- Banyuwangi hampir bertabrakan.

Kedua pesawat tersebut nyaris berbenturan di taxiway Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) karena diduga salah mendengar intruksi dari petugas Air Traffic Controller (ATC).

Kejadian tersebut bermula saat pesawat GA649 dari Ternate baru saja mendarat di Bandara Soetta. Sedangkan GA246 hendak menuju runaway untuk take off.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta, Herson, menyebut bahwa kedua pesawat tersebut tidak nyaris bertabrakan. Karena jarak antara kedua pesawat berjauhan sehingga tidak terjadi tabrakan.

Ilustrasi

"Tidak nyaris, keduanya memang saling berhadapan tapi jaraknya berjauhan. Kedua pesawat juga jalannya pelan," jelas Herson, saat dikonfirmasi, Jumat (13/12/2019).

Herson mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi pada Kamis, 12 Desember 2019. Dirinya juga menjelaskan adanya kesalahan gerak dari pesawat rute Ternate yang baru landing. Herson menyebut bahwa pilot kurang mendengar arahan dari menara ATC.

"Semua gerak pesawat diatur sama petugas ATC. Pilot pesawat yang baru landing kurang mendengar arahan dari petugas. Yang seharusnya ke kiri, tapi pilot ke kanan," jelas Herson.

Pilot bisa menghindari tabrakan karena kedua pilot melihat ada pesawat lain di depannya. Sehingga mereka menghentikan laju pesawat dan menunggu ada arahan selanjutnya.

"Kedua pilot sama-sama melihat ada pesawat lain di depannya. Salah satu pilot langsung minta pesawat ditarik mundur," tutur Herson.

Meskipun ada insiden tersebut, Herson mengaku bahwa tidak ada penerbangan lain yang terganggu. Pesawat GA649 asal Ternate akhirnya di-towing keluar dari taxiway untuk menuju apron.

"Tidak mengganggu penerbangan lain, karena posisi di taxiway. Pesawatnya juga segera ditarik mundur dan semua normal kembali," tutup Herson.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini