nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Fakta Viral Honorer DKI Disuruh Masuk Got untuk Perpanjangan Kontrak

Maulidia, Jurnalis · Minggu 15 Desember 2019 19:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 15 338 2142190 4-fakta-viral-honorer-dki-disuruh-masuk-got-untuk-perpanjangan-kontrak-rZosUL9UFV.JPG (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Media sosial (medsos) dihebohkan dengan viralnya video yang diduga puluhan pegawai honorer K2 dan non-K2 yang tengah direndam ke dalam got.

Peristiwa itu terjadi diduga sebagai salah satu syarat bagi para pegawai untuk melakukan perpanjangan kontrak sebagai honorer K2 dan non-K2 di Pemprov DKI, Sabtu 14 Desember 2019.

Berikut beberapa fakta di balik kejadian yang viral ini:

1. Dibebastugaskan

Pejabat yang mengharuskan pegawai honorer yang ingin melakukan perpanjangan kontrak dengan berendam di got dibebastugaskan. Hal ini dibenarkan oleh Nurbaitih selaku Koordinator Wilayah Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) DKI Jakarta.

"Yang pasti Di BAP oleh Inspektorat Jakbar. Dan pejabat serta panitia yang terlibat di nonjobkan," kata Nurbaitih kepada Okezone, Sabtu (14/12/2019).

2. Tidak Manusiawi

Koordinator Wilayah Perkumpulan Honorer K2 Indonesia, Nurbaitih mengecam tes fisik yang dilakukan untuk perpanjangan kontrak Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dengan cara masuk got. Dia mengungkapkan, tes masuk ke got juga dilakukan kepada semua posisi pegawai di PPSU.

"Di pabrik saja para buruh di hormati. Lho ini malah di perlakukan seperti tidak manusiawi," kecamnya.

Nurbaitih menerangkan, berdasarkan surat edaran Sekda Nomor 85/SE/2019 tentang Penyedia Jasa Lainnya Perorangan, tidak tertera tes masuk ke got untuk pegawai kontrak di DKI.

3. Pemprov DKI Periksa PNS

Kepala BKD Chaidir memastikan Inspektorat Pemprov DKI sudah memeriksa Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI yang terlibat dalam kasus ini.

Chaidir menyampaikan, saat ini seluruh panitia tes, termsauk Lurah Jelambar Agung Tri Atmojo sudah melakukan Berita Acara Penyampaian (BAP) oleh tim gabungan Inspektorat dan BKD.

"Dan berkaitan dengan dugaan kelalian dalam mekanisme tata cara perpanjangan kontrak PJLP (Penyedia Jasa Lainnya Perorangan) di lingkungan unit kerja yang dikelolalanya. Proses saat ini sudah memasuki pemeriksaan," ujar Chaidir, Sabtu 14 Desember 2019.

4. Anies Ambil Langkah Tegas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengambil langkah tegas setelah mengetahui adanya tes perpanjangan kontrak para pegawai PPSU dengan cara masuk got.

Anies mengaku kaget telah melihat video tes perpanjangan kontrak untuk honorer K2 dan non-K2 Kelurahan Jelambar tersebut.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini